Share

Ingin Jadi WNI, Cyrus Margono Siap Lawan Emil Audero di Timnas Indonesia?

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 51 2555652 ingin-jadi-wni-cyrus-margono-siap-lawan-emil-audero-di-timnas-indonesia-RlJWk4yR4u.jpg Cyrus Margono ingin jadi WNI, siap lawan Emil Audero di Timnas Indonesia? (Foto: Instagram/@cmargono)

KIPER keturunan Indonesia-Iran, Cyrus Margono, tertarik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Jika mendapatkan paspor Indonesia, sanggupkah Cyrus Margono bersaing dengan Emil Audero yang disebut-sebut bakal membela Timnas Indonesia?

Kemarin, Rabu 2 Maret 2022, Duta Besar Indonesia untuk Yunani, Bebeb A.K Nugraha Djundjunan mengunjungi kantor PSSI. Dalam kunjungan tersebut, Bebeb bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan beberapa staf PSSI lainnya.

Cyrus Margono

Kunjungan tersebut merupakan bentuk silaturahmi antara kedua pihak, sekaligus berbincang ringan soal sepakbola Indonesia. Dalam obrolan ringan it Bebeb memberitahukan Cyrus Margono ingin menjadi WNI. Meski ia tidak merinci, PSSI mengklaim pemain yang dimaksud Bebeb adalah Cyrus Margono.

โ€˜โ€™Pemain ini berkeinginan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Umurnya masih 20 tahun dan kini bermain di klub Panathinaikos B. Posisinya adalah kiper,โ€ kata Bebeb dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (2/3/2022).

PSSI menanggapi kabar tersebut dengan antusias dan penuh semangat. Pasalnya, jika Cyrrus Margono benar berminat, hal itu bisa menambah kuat skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Saat ini, PSSI tengah mempertimbangkan hal tersebut.

โ€˜โ€™Saya berterima kasih atas masukan dari Duta Besar Indonesia untuk Yunani ini. Kami akan pelajari dulu terkait administrasinya dan lain-lain. Tetapi, ini masukan yang bagus bagi PSSI,โ€ kata Iriawan dalam kesempatan yang sama.

Cyrus Margono mendapatkan keturunan Indonesia dari sang Ayah. Sementara, ibunya merupakan warga negara Iran. Namun, ia lahir dan besar di Amerika Serikat.

Darah Indonesia yang mengalir di tubuh Cyrus Margono bisa menjadikan dirinya bagian dari Skuad Garuda. Berhubung belum genap 21 tahun, Cyrus Margono bisa mendapatkan paspor Indonesia tanpa harus menjalani naturalisasi.

Cyrus Margono

Menurut Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, Cyrus Margono bisa mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa menjalani proses naturalisasi.

Sebab, dalam pasal 6 Undang-undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 diatur bahwa anak yang berkewarganegaraan ganda setelah berusia 18 tahun atau telah kawin, bisa memilih salah satu kewarganegaraan. Paling lambat tiga tahun setelah si anak berusia 18 tahun atau telah menikah.

Berhubung Cyrus Margono baru berusia 20 tahun, ia belum melewati batas waktu yang ditentukan. Alhasil, Cyrus Margono bisa berseragam Timnas Indonesia tanpa menjalani proses naturalisasi seperti Jordi Amat dan kawan-kawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini