Share

5 Tim Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Piala Asia 2023, Nomor 1 Timnas Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 51 2553676 5-tim-asia-tenggara-yang-berpeluang-lolos-ke-piala-asia-2023-nomor-1-timnas-indonesia-bvGBCsDAoW.jpg Berikut lima tim Asia Tenggara yang berpeluang lolos ke Piala Asia 2023 (Foto: AFF Suzuki Cup)

DRAWING Kualifikasi Piala Asia 2023 telah dilakukan pada Kamis 24 Februari 2022, sore WIB. Sebanyak 24 tim, yang dibagi rata ke dalam enam grup, akan memperebutkan 11 tiket tersisa untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Gelaran ini rencananya akan berlangsung pada Juni mendantang.

Timnas Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, dan Myanmar adalah tujuh tim Asia Tenggara yang akan berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023. Sekadar informasi, hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang akan mengamankan 11 tiket tersisa tersebut.

Lalu, tim Asia Tenggara mana saja yang punya peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023? Menurut Okezone, ini lima tim Asia Tenggara yang berpeluang lolos ke Piala Asia 2023:

5. Filipina

Timnas Filipina (Foto: AFF Suzuki Cup)

Daftar ini akan dimulai dengan Filipina. Tergabug di Grup B, Filipina akan bersaing dengan Mongolia (tuan rumah), Yaman, dan Palestina.

Filipina seharusnya bisa meraih poin penuh dari Mongolia. Tantangan sesunguhnya untuk Filipina hadir dari Yaman dan Palestina. Kedua tim itu adalah pesaing utama Filipina untuk mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai wakil Grup F.

4. Singapura

Timnas Singapura (Foto: Twitter/@FASingapore)

Singapura tergabung ke Grup F bersama Kyrgyzstan (tuan rumah), Tajikistan, dan Myanmar. Secara kekuatan, Kyrgyzstan dan Tajikistan akan menjadi tantangan bagi Singapura, sedangkan Myanmar di atas kertas adalah tim terlemah di Grup F.

Singapura seharusnya bisa mengamankan poin penuh dari Myanmar. Pekerjaan rumah bagi Singapura adalah untuk mengamankan poin dari Kyrgyzstan dan Tajikistan. Jika dapat mengamankan poin penuh dari Kyrgyzstan atau Tajikistan, itu akan membuka peluang Singapura untuk lolos melaui jalur lima runner-up terbaik.

3. Malaysia

Timnas Malaysia (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

Malaysia juga masuk dalam daftar ini meski tengah terpuruk usai gagal total di Piala AFF 2020. Kedatangan Kim Pan-gon sebagai juru taktik anyar bisa menjadi kunci kebangkitan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tergabung di Grup E, Malaysia akan bersaing dengan Bangladesh, Turkmenistan, dan Bahrain. Ketiga tim itu bukan lawan mudah bagi Malaysia. Akan tetapi, Harimau Malaya diuntungkan status tuan rumah yang mungkin menjadi kunci bagi mereka untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

2. Thailand

Timnas Thailand (Foto: AFF Suzuki Cup)

Juara Piala AFF 2020, Thailand, tentu masuk dalam daftar ini. Tergabung di Grup C bersama Uzbekistan (tuan rumah), Sri Lanka, dan Maladewa, Thailand tentu menjadi unggulan.

Ancaman nyata bagi Thailand adalah Uzbekistan yang diuntungkan juga dengan status tuan rumah. Akan tetapi, Thailand minimal bisa lolos ke Piala Asia 2023 dari jalur lima runner-up terbaik.

1. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)

Timnas Indonesia sedang dalam tren positif usai menjadi runner-up Piala AFF 2020 dengan skuad mudanya. Sebagian besar pemain, yang mentas di Piala AFF 2020, diprediksi akan menjadi tumpuan di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain itu, pasukan Shin Tae-yong kemungkinan besar akan mendapatkan tambahan kekuatan dengan hadirnya dua pemain keturunan, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat. Kedua pemain itu kini sedang diproses untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sekadar informasi, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Kuwait (tuan rumah), Nepal, dan Yordania. Timnas Indonesia seharusnya bisa mengatasi Nepal, tetapi pasukan Shin Tae-yong harus berjuang keras untuk meraup poin dari Kuwait dan Yordania. Jika konsisten tampil apik, Timnas Indonesia mungkin membuat kejutan di Grup A.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini