Share

Malaysia Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia 2023, AFC Segera Cari Lokasi Baru

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Minggu 20 Februari 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 20 51 2550188 malaysia-terancam-gagal-jadi-tuan-rumah-kualifikasi-piala-asia-2023-afc-segera-cari-lokasi-baru-wkXuWkJps8.jpg Timnas Malaysia. (Foto: Twitter/FAM_Malaysia)

KUALA LUMPUR โ€“ Status tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimiliki Malaysia terancam dibatalkan lantaran sedang melonjaknya kasus Covid-19 di negara tersebut. Untuk mengantisipasinya, Federasi Sepakbola Asia (AFC) dikabarkan akan segera mencari negara baru yang siap dijadikan tuan rumah pengganti Malaysia.

Kualifikasi Piala Asia 2023 diketahui akan berlangsung pada bulan Juni 2022 mendang. Malaysia telah dipilih oleh AFC sebagai tuan rumah untuk babak tersebut. Adapun pengundian terkait pertandingan akan digelar 24 Februari mendatang.

Malaysia tidak sendirian menjadi tuan rumah turnamen tersebut. Uzbekistan, Republik Kirgistan, India, Kuwait dan Mongolia juga memegang status yang sama. Namun demikian, status Malaysia terancam dicabut karena situasi serius yang sedang terjadi di negara tersebut.

Timnas Malaysia (FAM)

Seperti diketahui, Malaysia tengah mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan. Jumlah orang yang terinfeksi virus tersebut mencapai 23 ribu orang per hari.

Jika situasi tidak kunjung mereda, Malaysia mungkin harus merelakan status tuan rumahnya untuk diberikan kepada negara lain. Di sisi lain, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyebut ada negara lain yang siap menggantikan Malaysia sebagai tuan rumah.

Namun, Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Windsor John menganggap acara tetap bisa digelar di Malaysia dengan prokes yang ketat. Lebih lanjut, dia menyebut bahwa penyelenggaraan Piala Asia Wanita 2022 adalah contoh bahwa turnamen masih bisa digelar di bawah aturan yang ketat.

โ€œAnda tidak perlu melihat jauh-jauh karena Johor Darul Ta'zim akan menjadi tuan rumah Grup I Liga Champions Asia pada bulan April. Kami telah melakukan ini berkali-kali,โ€ ujar Datuk Windsor dilansir dari News Straits Times Minggu (20/2/2022).

โ€œKami memiliki pengalaman yang baik dengan protokol yang berlaku. Jika setiap host (tuan rumah) mengikutinya, saya tidak melihat ada masalah," sambungnya.

Lantas, siapakah negara pengganti yang disinggung AFC siap menggantikan Malaysia sebagai tuan rumah? Sayangnya hal itu tidak diberitahukan lebih lanjut.

Namun, bisa jadi negara yang dimaksud berasal dari sesama negara ASEAN. Dengan demikian, kita lihat saja apakah turnamen itu bisa berjalan di sana dengan lancar nanti.

Indonesia sendiri sebelum tak maju untuk mendaftarkan diri menjadi negara tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023. Diduga pandemi masih menjadi alasan PSSI tak mengajukan hal tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini