Share

Disebut Tolak Lepas Pemain Persebaya ke Timnas Indonesia, Aji Santoso: 10 Pemain pun Saya Kasih!

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 51 2541158 disebut-tolak-lepas-pemain-persebaya-ke-timnas-indonesia-aji-santoso-10-pemain-pun-saya-kasih-iRYbheaCF6.jpg Rachmat Irianto (tengah) dan Ricky Kambuaya (kiri), dua gelandang andalan Persebaya dan Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

PELATIH Persebaya Surabaya, Aji Santoso, membantah anggapan dirinya enggan melepas pemain Bajul Ijo –julukan Persebaya Surabaya– ke Timnas Indonesia. Aji Santoso mengatakan demi kepentingan Timnas Indonesia, ia pun rela melepas 10 personel Persebaya Surabaya ke skuad Garuda.

“Kalau ada orang yang mengatakan itu (tak mendukung pemanggilan pemain Persebaya), kita sedikit mempertanyakan dengan pemanggilan pemain-pemain Persebaya ke Timnas. Pelatih disebut tidak mendukung Timnas, manajemen tidak dukung Timnas itu sangat keliru, saya tekankan,” tegas Aji Santoso dalam konferensi pers secara virtual.

Aji Santoso

(Pelatih Persebaya, Aji Santoso)

Pelatih kelahiran Malang ini menegaskan sebagai mantan pemain nasional ia memahami kultur dan kebutuhan Timnas Indonesia. Karena itu, ketika ada pemain Persebaya yang dipanggil Timnas Indonesia, secara penuh ia sebagai pelatih maupun manajemen tim dipastikan mendukung.

“Ini saya sampaikan kepada netizen juga salah besar kalau mengatakan Aji Santoso tidak support Timnas, Persebaya tidak support Timnas itu salah besar,” lanjut eks pelatih Persik Kediri ini.

Meski begitu, Aji Santoso mengkritik jadwal agenda Timnas Indonesia, yang kerap kali berbenturan dengan jadwal kompetisi. Karena itu, saat Timnas Indonesia berlaga, ia juga membutuhkan jasa pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia. Karena itu, ia meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menyesuaikan jadwal kompetisi dengan agenda Timnas Indonesia.

“Kalau seandainya kompetisi ini berhenti karena ada agenda tim nasional, jangankan empat pemain, 10 pemain saya kasih, 10 pemain yang diminta, semua saya kasih ini bukti bahwa saya mendukung Timnas,” katanya.

Akan tetapi, karena jadwalnya bersamaan dengan pertandingan Persebaya, membuat Aji Santoso meminta PSSI membatasi jumlah pemain yang dipanggil dari masing-masing tim, utamanya Persebaya.

“Kalau berbarengan tentunya tidak mungkin, seperti manajemen sudah berkirim surat ke PSSI, tidak mungkin Persebaya melepas semua pemain yang dipanggil, tentunya ada pembatasan mungkin dua sampai tiga yang akan dilepas. Kalau semua dipanggil umpama enam pemain dipanggil, kita kasih, terus ini ada yang positif empat hingga lima pemain, apakah enggak jadi main kompetisinya,” terangnya.

“Jadi kalau ada orang yang mengatakan Aji Santoso dan Persebaya tidak support PSSI tidak support Timnas, itu orang yang tidak ngerti sepak bola. Ini seharusnya memang berhenti apalagi ini Piala AFF tidak ada di agenda FIFA,” tambahnya.

Ricky Kambuaya

(Ricky Kambuaya, gelandang andalan Persebaya dan Timnas Indonesia)

Pelatih berusia 51 tahun ini meminta ada kebijaksanaan pengunduran jadwal kompetisi bila memang Timnas Indonesia bermain. Hal itu supaya pemain-pemain terbaik dapat memperkuat Timnas Indonesia.

“Yang jelas kami support kalau ini jadwalnya diundur, 10 pemain saya kasih, semua (pemain Persebaya) diminta saya kasih. Jadi kita harus tetap support Timnas, tapi kita juga harus memikirkan kebutuhan tim,” lanjut Aji Santooso.

Sebagai informasi, untuk laga uji coba internasional kontra Timor Leste kemarin, lima pemain Persebaya Surabaya dipanggil Shin Tae-yong. Kelima pemain itu adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, dan Ricky Kambuaya.

Sementara untuk Piala AFF U-23 2022, Shin Tae-yong hanya memanggil tiga pemain Persebaya Surabaya. Sebut saja Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto dan Rizky Ridho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini