Share

5 Aksi Hebat Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia, Nomor 1 Bukti Cinta Terhadap Skuad Garuda

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2537150 5-aksi-hebat-shin-tae-yong-bersama-timnas-indonesia-nomor-1-bukti-cinta-terhadap-skuad-garuda-PfQ6pQYRg6.jpg Aksi Hebat Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

AKSI hebat Shin Tae-yong saat melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia dapat Anda ketahui di artikel ini. Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong saat ini tengah mendapatkan kepercayaan penuh dari penggemar sepakbola Tanah Air untuk membawa Timnas Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Sadar akan tuntutan seperti itu, Shin Tae-yong pun tak mau mengecewakan para pendukung Timnas Indonesia. Terbukti berbagai macam hal dilakukan pelatih berusia 51 tahun itu untuk bisa membantu Timnas Indonesia menjadi lebih baik dan berbagai aksi hebat pun dilakukannya. Lantas apa saja hal yang sudah dilakukannya?

Berikut 5 Aksi Hebat Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia:

5. Berani Menentang Keinginan Ketum PSSI

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Shin Tae-yong (PSSI)

Demi menjuarai Piala AFF U-23 2022 pada Februri nanti, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan pernah mengatakan ingin loby klub FK Senica pemilik Egy Maulana Vikri dan Ipswich Town, klub yang dibela Elkan Baggott, agar para pemain itu bisa dipinjam,

Kendati begitu, Shin Tae-yong nyatanya tak mau menuruti perkataan Iriawan. Shin Tae-yong lebih memilih memanfaatkan para pemain yang bermain di Liga 1 dan beberapa pemain dari Timnas Indonesia U-18.

"Saya hanya akan memanggil pemain dari Liga Indonesia. Akan ada lima sampai enam pemain dari tim junior (timnas U-18 Indonesia) yang akan dipanggil,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Antara.

4. Tak Takut Memilih Lawan Berat untuk Timnas Indonesia

Shin Tae-yong

Aksi hebat yang dilakukan Shin Tae-yong selanjutnya adalah ia tak pernah takut menantang tim yang lebih kuat dari Indonesia. Hal itu terlihat dari keputusan Shin Tae-yong saat mencari tim untuk Timnas Indonesia U-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh mantan pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan. Menurutnya, apa yang dilakukan Shin Tae-yong patut diapresiasi.

3. Shin Tae-yong Bertengkar dengan Wasit demi Bela Timnas Indonesia

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong pernah terlihat membela Timnas Indonesia mati-matian saat bermain. Ia bahkan marah besar saat wasit tidak memberi pelanggaran di laga Timnas Indonesia vs Malaysia pada matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

Kala itu Shin Tae-yong emosi karena meliahat ada dua pemain Timnas Indonesia yang beruntun dijegal pemain Malaysia, yakni Ramai Rumakiek dan Pratama Arhan. Tapi wasit justru membiarkan hal tersebut.

Karena tak bisa protes ke wasit yang berada di lapangan, Shin Tae-yong marah-marah ke wasit cadangan, Saoud Ali Al-Adba. Saat itu, Saoud Ali Al-Adba pun tak mau kalah dengan memarahi balik Shin Tae-yong. Kejadian itu membuktikan Shin Tae-yong rela membela mati-matian Timnas Indonesia.

2. Tegas Terhadap Pemain Timnas Indonesia yang Langgar Aturan

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong takkan berbaik hati kepada para pemain Timnas Indonesia yang melanggar peraturan. Serdy Ephy Fano dan Mochamad Yudha Febrian sudah merasakan langsung ketegasan Shin Tae-yong karena mereka pernah dicoret dari Timnas Indonesia karea indispiliner.

Kejadian itu terjadi pada November 2020. Keputusan Shin Tae-yong memulangkan Serdy dan Yudha pun pada saat itu didukung oleh Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Dua pemain yakni Serdy dan Yudha telah melakukan tindakan indisipliner yang berat. Untuk itu, kami langsung memulangkan mereka," tambah Shin Tae-yong mengutip dari laman resmi PSSI.

1. Shin Tae-yong Selalu Berdiri di Pinggir Lapangan saat Timnas Indonesia Bermain di Piala AFF 2020

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong terlihat selalu berdiri di pinggir lapangan saat Timnas Indonesia bermain di Piala AFF 2020. Ternyata keputusan itu bukan tanpa alasan, Shin Tae-yong mengaku sengaja melakukan itu untuk demi ikut mendukung para pemain yang sedang berjuang di lapangan.

“Saya selama menjadi pelatih tidak pernah duduk di bench sekalipun, selama 90 menit para pemain sudah bekerja keras, maka saya juga harus bekerja keras. Itu rutin saya lakukan untuk mendapatkan kemenangan,” kata Shin Tae-yong saat Piala AFF 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini