Share

5 Pemain Keturunan yang Jadi Andalan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023, Nomor 1 Penganut Muslim Taat

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 51 2535933 5-pemain-keturunan-yang-jadi-andalan-shin-tae-yong-di-kualifikasi-piala-asia-2023-nomor-1-penganut-muslim-taat-MK3kKX7XXU.jpg Lima pemain keturunan ini bisa menjadi andalan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022. Shin Tae-yong tentu memanggil para pemain terbaik Tanah Air demi meraih hasil terbaik.

Timnas Indonesia pun akan mendapatkan tambahan kekuatan dari beberapa pemain keturunan yang kemungkinan besar sudah dapat membela Skuad Garuda. Berikut lima pemain keturunan yang jadi andalan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023.

5. Elkan Baggott

Elkan Baggott (Foto: PSSI)

Daftar ini tentu dimulai dengan Elkan Baggott yang main di klub League One, Ipswich Town. Sebagaimana diketahui, Elkan telah bermain untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia di turnamen resmi, yaitu Piala AFF 2020.

Kontribusi Elkan membantu Timnas Indonesia untuk mencapai final Piala AFF 2020. Meski gagal menjadi juara, runner-up Piala AFF 2020 bukanlah pencapaian yang buruk bagi Elkan dan kolega. Sekadar informasi, Piala AFF 2020 adalah turnamen resmi pertama Elkan bersama Timnas Indonesia.

4. Mees Hilgers

Mees Hilgers (Foto: Instagram/@meeshilgerss)

Mees Hilgers adalah nama yang santer dikabarkan akan segera dinaturalisasi. Bek tengah berdarah Belanda-Indonesia itu kini main di FC Twente di Liga Belanda 2021-2022.

Baru berumur 20 tahun, tetapi Mees Hilgers kerap mendapatkan kepercayaan untuk mengawal jantung pertahanan Twente. Dia sudah 17 kali main dengan torehan satu gol dan satu assist. Karena tampil apik, Mees Hilgers pun dirumorkan jadi incaran klub raksasa Belanda, Feyenoord.

Sementara itu, proses naturalisasi Mees Hilgers sedang berlangsung. Jika proses naturalisasinya sudah rampung, Mees Hilgers bisa menjadi andalan di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23.

3. Jordi Amat

Jordi Amat (Foto: Instagram/@jordiamat5)

Selanjutnya, ada nama Jordi Amat yang merupakan mantan anak asuh Luis Milla di Timnas Spanyol U-21. Selain main untuk Luis Milla, bek tengah berumur 29 tahun itu juga pernah diasuh Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino, di Espanyol pada 2010-2012.

Pemain berpaspor Spanyol itu memiliki darah Indonesia dari sang nenek, yang diakuinya, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia pernah menyatakan niatnya bermain untuk Timnas Indonesia. Sekadar informasi, Jordi kini bermain untuk klub Belgia, Kas Eupen.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh (Foto: Instagram/@sandywalsh)

Sandy Walsh adalah salah satu pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Eropa. Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu kini main untuk klub Belgia, KV Mechelen.

Meski biasa main di posisi bek kanan, Sandy juga bisa menjadi bek tengah. Selain itu, dia juga merupakan bek kanan yang rajin membantu serangan. Pada musim 2021-2022, Sandy sudah mencetak dua gol dan membuat lima assist di kasta tertinggi Liga Belgia.

1. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmatgoen (Foto: Instagram/@0ratmagoen)

Terakhir, ada nama Ragnar Oratmangoen. Winger kanan berusia 23 tahun itu memiliki darah Indonesia-Belanda. Sang pemain pun memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang merupakan keturunan Maluku.

Ragnar Oratmangoen saat ini memperkuat Go Ahead Eagles di kasta teratas Liga Belanda. Pada musim 2021-2022, dia sudah main 22 kali dengan torehan dua assist.

Sekadar informasi, Ragnar Oratmangoen beragama Islam. Sebagai muslim, dia cukup taat menjalankan perintah agamanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini