Share

2 Alasan Mulia yang Bikin Shin Tae-yong Takkan Mundur sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 51 2534118 2-alasan-mulia-yang-bikin-shin-tae-yong-takkan-mundur-sebagai-pelatih-timnas-indonesia-IeDsvypLe7.jpg Berikut 2 alasan mulia yang bikin Shin Tae-yong takkan mundur dari jabatan pelatih Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

SEBANYAK 2 alasan mulia ini bikin Shin Tae-yong takkan mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia. Masyarakat sepakbola Tanah Air khawatir Shin Tae-yong mundur dari posisi juru taktik skuad Garuda setelah mendapat kritik pedas dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Benar, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memastikan kontrak Shin Tae-yong aman hingga masa baktinya berakhir pada 31 Desember 2023. Namun, netizen takut Shin Tae-yong tiba-tiba mengundurkan diri karena kritikan keras Haruna Soemitro.

Shin Tae-yong

(Fans meminta Shin Tae-yong tak mundur dari posisi pelatih Timnas Indonesia)

Akan tetapi, pencinta sepakbola Indonesia jangan takut. Setidaknya ada 2 alasan mulia yang bikin Shin Tae-yong takkan mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia. Apa saja?

Berikut 2 alasan mulia yang bikin Shin Tae-yong takkan mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia:

2. Janji Majukan Kualitas Sepakbola Indonesia

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memiliki janji memajukan kualitas sepakbola Indonesia. Ia ingin membentuk akar yang kuat sehingga ke atasnya sepakbola Tanah Air menjadi kekuatan yang menakutkan.

Salah satu alasan Shin Tae-yong memilih menangani Timnas Indonesia adalah mencoba mendekatkan level skuad Garuda dengan tim-tim mapan Asia, salah satunya Korea Selatan.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepakbolanya daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat sehingga ke atasnya akan kuat,” kata Shin Tae-yong saat diwawancarai kanal YouTube Myeongjangdeul, Okezone mengutip dari Channel YouTube BAL.

“Tidak bisa hanya membebankan prestasi senior kepada pelatih saja. Sebelum itu juga, Indonesia memiliki skuad rata-rata tertua di Asia Tenggara. Sekarang di bawah saya, rata-rata skuad jauh sangatlah muda,” lanjut juru taktik asal Korea Selatan ini.

BACA JUGA: Shin Tae-yong, Dulu Dilempar Telur Kini Dibela Habis-habisan Suporter Timnas Indonesia

“Saya benar-benar merekrut pemain muda. Karena saya tak selamanya berada di sana (Timnas Indonesia). Karena itu, saya harus menempa pemain muda dan mengubah sistemnya. Saya berusaha membuat tim seperti itu,” tegas Shin Tae-yong.

1. Hidupi Anak Istri

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong bersama anak dan istrinya)

Shin Tae-yong paham takkan mundur sebagai pelatih Timnas Indonesia ketika masih terikat kontrak. Sebab, jika pilihan itu diambil, Shin Tae-yong harus membayar denda yang sangat besar.

“Saya punya kontrak dengan PSSI sampai 31 Desember 2023. Mungkin para penggemar sudah tahu soal kontrak saya,” kata Shin Tae-yong saat hadir di konferensi pers jelang leg II final Piala AFF 2020 kontra Thailand.

“Namun, tak perlu khawatir karena tak ada yang bisa memecat saja. Jika pun saya mengundurkan diri, saya harus membayar denda,” lanjut Shin Tae-yong.

Di saat bersamaan, Shin Tae-yong harus menghidupi anak istri, sehingga diprediksi takkan mau membayar denda. Ketika berbincang dengan mantan anak asuhnya di Timnas Korea Selatan, Son Heung-min, Shin Tae-yong mengaku mengambil tawaran menangani Timnas Indonesia demi memberi jajan si anak bungsu, Shin Jae-hyuk.

“Terima kasih sudah datang, meskipun kamu sibuk,” ujar Shin Tae-yong kepada Son Heung-min dalam video vlog berjudul Shoot for Love, pada 9 November 2019.

"Bagaimana kabarmu? Saya dengar Anda akan pergi ke Indonesia," tanya Son.

“Ya, ada tawaran dari sana. Tawaran langsung dari Timnas Indonesia,” jawab Shin Tae-yong mengonfirmasi.

"Apakah Anda akan menerima tawaran itu? Anda harus kerja bukan?" tanya kembali Son. "Belum tahu. Tentu saja (harus bekerja) agar bisa memberikan uang jajan untuk Jae-hyuk (putra Shin Tae-yong)," jelas Shin Tae-yong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini