Share

Shin Tae-yong, Dulu Dilempar Telur Kini Dibela Habis-habisan Suporter Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 51 2534072 shin-tae-yong-dulu-dilempar-telur-kini-dibela-habis-habisan-suporter-timnas-indonesia-qcQl6E0EPO.jpg Shin Tae-yong, dulu dilempar telur kini dibela suporter Timnas Indonesia habis-habisan. (Foto: Instagram/@jeongseokseo)

SHIN Tae-yong, dulu dilempar telur kini dibela habis-habisan suporter Timnas Indonesia. Juru taktik 51 tahun itu sempat dibenci publik sepakbola Korea Selatan karena gagal membawa Taeguk Warriors –julukan Korea Selatan– lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018.

Sekadar diketahui, Shin Tae-yong berstatus sebagai pelatih Timnas Korea Selatan saat tampil di Piala Dunia 2018. Kala itu, Korea Selatan tergabung di Grup F bersama Meksiko, Swedia dan juara bertahan Jerman.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong saat memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018)

Sayangnya, Korea Selatan sudah dipastikan gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia karena kalah di dua laga awal. Saat itu, Korea Selatan tumbang 0-1 dari Swedia dan dikalahkan Meksiko 1-2. Meski menang 2-0 atas Jerman di matchday pamungkas Grup F, hasil itu belum cukup meloloskan Son Heung-min dan kawan-kawan ke 16 besar.

Setelah menghadapi Jerman pada 27 Juni 2018, skuad Korea Selatan tiba di Bandara Incheon, Korea Selatan pada 29 Juni 2018. Setibanya di bandara, Shin Tae-yong bersama pasukannya langsung bersiap foto bareng di tempat yang sediakan.

Namun, baru ingin berfoto bersama, ada beberapa fans yang melemparkan bantal ke arah mereka. Tak hanya bantal, ada juga suporter yang melempar telur! Petugas keamanan pun langsung menetralisir area untuk mengamamankan pelaku pelemparan tersebut.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong dan skuad Korea Selatan di Piala Dunia 2018 dilempar telur suporter)

Beberapa hari setelahnya Shin Tae-yong memutuskan meninggalkan posisi pelatih Timnas Korea Selatan. Singkat kata, setelah 1,5 tahun menganggur, Shin Tae-yong mengambil jabatan pelatih Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Minta Dua Asisten Pelatih Timnas Indonesia Diberhentikan

Setelah dua tahun mengabdi, Piala AFF 2020 menjadi turnamen pertama yang dijalani Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Meski finis runner-up, Timnas Indonesia tetap mendapat apresiasi karena di ajang tersebut mengandalkan mayoritas pemain muda yang dapat jadi kekuatan skuad Garuda dalam 2-3 tahun ke depan.

Hanya saja, kritikan tajam dilancarkan anggota PSSI, Haruna Soemitro, kepada Shin Tae-yong. Ia menilai Shin Tae-yong sama saja seperti pelatih-pelatih lain yang hanya bisa membawa Timnas Indonesia finis runner-up di Piala AFF.

Shin Tae-yong

(Bentuk dukungan masyarakat sepakbola Indonesia kepada Shin Tae-yong)

Karena itu, Haruna Soemitro menyebut buat apa menggunakan Shin Tae-yong jika hasil yang didapat Timnas Indonesia di Piala AFF sama seperti edisi terdahulu. Selain itu, Haruna Soemitro juga mengkritik kata “proses” yang kerap didengungkan Shin Tae-yong.

Dalam pandangan Haruna Soemitro, di sepakbola yang dilihat adalah hasil bukan proses. Hanya saja, kritikan yang dilontarkan Haruna Soemitro bak bumerang baginya.

Pencinta sepakbola Indonesia mati-matian membela Shin Tae-yong. Mereka langsung mengeluarkan hashtag #SaveSTY dan #HarunaOut.

Tak hanya di media sosial, pencinta sepakbola Tanah Air juga melayangkan protes dengan turun ke jalan. Mereka menaruh spanduk yang berisikan dukungan kepada Shin Tae-yong dan meminta PSSI memberhentikan Haruna Soemitro.

Sekarang, Shin Tae-yong bisa melihat betapa besarnya kecintaan masyarakat Indonesia kepadanya. Setelah itu, giliran Shin Tae-yong membayar kepercayaan pencinta sepakbola Tanah Air lewat gebrakan-gebrakan yang telah disiapkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini