Share

4 Latihan Fisik ala Shin Tae-yong yang Diterapkan di Timnas Indonesia, Nomor 1 Dibahas di Podcast Deddy Corbuzier

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 51 2533609 4-latihan-fisik-ala-shin-tae-yong-yang-diterapkan-di-timnas-indonesia-nomor-1-dibahas-di-podcast-deddy-corbuzier-8AuXiR0Rwz.jpg Latihan fisik ala Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

LATIHAN fisik ala Shin Tae-yong menarik untuk dibahas. Sebab, dengan porsi latihan yang diterapkan, Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia mendulang hasil manis di Piala AFF 2020.

Sebagaimana diketahui, dalam ajang Piala AFF 2020, Shin Tae-yong yang memutuskan membawa skuad Muda sukses mendulang hasil manis. Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- sukses melaju ke babak final. Meski gagal menjadi juara, perjuangan Evan Dimas dkk tetap mendapat apresiasi tinggi.

Latihan Fisik ala Shin Tae-yong

Lalu, apa saja porsi latihan yang fisik ala Shin Tae-yong yang diterapkan di Timnas Indonesia? Berikut 4 latihan fisik tersebut.

4. Naik Turun Tangga

Di urutan keempat, ada latihan fisik berupa naik turun tangga. Menu latihan ini terungkap kala Shin Tae-yong menggelar training camp atau pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19.

Latihan Fisik ala Shin Tae-yong

Pelatih asal Korea Selatan itu menerapkan latihan dengan intensitas tinggi sebanyak tiga kali sehari selama pemusatan latihan. Latihan pada pagi hari pun dimulai dengan salah satunya naik turun tangga.

3. Skipping

Kemudian, latihan fisik ala Shin Tae-yong yang diterapkan di Timnas Indonesia juga menyajikan skipping. Teknik ini juga diterapkan pada pagi hari bersama dengan naik turun tangga.

Latihan Fisik ala Shin Tae-yong

Dua menu tersebut termasuk ke latihan strength endurance. Dengan begini, diharapkan fisik para pemain menjadi jauh lebih kuat lagi.

2. Latihan dengan Bola

Beralih ke sore hari, ada latihan dengan bola. Ini merupakan menu latihan permainan atau teknik. Dengan begitu, selain fisik para pemain lebih kuat, mereka juga bisa tetap mengembangkan skill permainan.

Latihan Fisik ala Shin Tae-yong

1. Weight Training (gym/angkat beban)

Terakhir, ada menu latihan weight training berupa gym atau angkat beban. Latihan ini biasanya digelar pada malam hari. Shin Tae-yong sendiri menjelaskan soal latihan ini dalam wawancara bersama Deddy Corbuzier.

Latihan Fisik ala Shin Tae-yong

Bagi Shin Tae-yong, latihan beban ini penting karena sepakbola begitu menuntut fisik. Dengan menjalani latihan weight training, badan pemain pun dinilai akan menjadi lebih kuat.

"Saya bercerita apa adanya saja ya. Ada 3 hal. Pertama, memang kurang mental profesionalnya. Kedua, masalah makan. Ketiga, enggak ngerti weight training," ujar Shin Tae-Yong kala hadir di podcast Deddy Corbuzier.

"Weight training untuk menguatkan badan, maksudnya main bola kan pasti main body. Bakal banyak menabrak, benturan, harus keras mainnya. Kalau enggak punya body yang kuat, kita enggak bakal bisa mengeluarkan kemampuan terbaik kita. Saat saya baru datang, banyak pemain Indonesia tidak tahu soal weight training,” tukasnya.  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini