Share

4 Pemain Keturunan Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Otomatis Lolos ke Putaran Final?

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 51 2532543 4-pemain-keturunan-bela-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-asia-2023-otomatis-lolos-ke-putaran-final-MxIeCQyb3c.jpg 4 pemain keturunan ditargetkan bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@hasaniabdulgani)

ANGGOTA Exco PSSI, Hasani Abdulgani, memberi update perkembangan naturalisasi empat pemain keturunan Indonesia. Hasani Abdulgani mengatakan, empat pemain keturunan ini ditargetkan membela Timnas Indonesia saat turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

Sekadar diketahui, ada empat pemain keturunan yang diminta Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka ialah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

Hasani Abdulgani

Untuk dokumen, Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah lengkap. Dalam waktu dekat, proses naturalisasi keduanya bakal dijalankan.

“Kepada pecinta sepakbola nasional, khususnya pendukung Timnas. Kami federasi (PSSI) sedang bekerja untuk secepatnya menyelesaikan soal pemain keturunan. Sementara dokumen Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah dikirim dari agen di Eropa kepada PSSI (saat ini lagi diproses tim legal). Mudah-mudahan minggu depan akan ada kabar, komplet atau masih perlu tambahan,” kata Hasan Abdulgani di akun Instagram-nya, @hasaniabdulgani.

Sementara itu, dokumen Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen baru akan dikumpulkan medio bulan depan. Dokumen Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen terlambat dikumpulkan karena alasan tersendiri.

BACA JUGA: Penyebab Timnas Indonesia Sulit Berprestasi Dibongkar Eks Personel Skuad Garuda, Mulai Diubah Shin Tae-yong

Mees Hilgers sempat ragu dinaturalisasi. Ia sempat mengambil kesimpulan bahwa pemain yang dinaturalisasi wajib tampil di Liga Indonesia. Namun, pemikiran itu sudah diluruskan PSSI. Bahkan PSSI mendorong Mees Hilgers untuk melanjutkan karier di Eropa.

Sementara Ragnar Oratmangoen, baru didekati PSSI pada Desember 2021. Sebab, awalnya pemain yang diincar Shin Tae-yong adalah Kevin Diks.

Ragnar Oratmangoen

(Ragnar Oratmangoen bersedia bela Timnas Indonesia)

“Untuk Mees Hilgers dan Ragnar Oratmagoen, janji agennya akan dikirim dokumen bulan Februari. PSSI mentargetkan 4 pemain tersebut bisa membela Timnas di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023, Juni mendatang,” lanjut Hasani Abdulgani.

Kehadiran empat nama di atas berpotensi membuat Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007. Nantinya, ada 24 tim yang tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebanyak 24 tim itu dibagi ke dalam enam grup. Nantinya, juara dan lima runner-up grup terbaik diizinkan lolos ke putaran final. Berhubung tim-tim mapan (10 tim) sudah menyegel tempat lebih dulu ke Piala Asia 2023, peluang Timnas Indonesia lolos ke ajang empat tahunan itu terbuka lebar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini