Kode ke Shin Tae-yong, Makan Konate Ingin Dinaturalisasi dan Bela Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 49 2531686 kode-ke-shin-tae-yong-makan-konate-ingin-dinaturalisasi-dan-bela-timnas-indonesia-9gBi7XKJzp.jpg Makan Konate berharap bisa bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@makankonate10)

GELANDANG anyar Persija Jakarta, Makan Konate, mengirim kode ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia meminta dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Gelandang asal Mali ini optimistis dapat memperkuat Timnas Indonesia. Pengalamannya bermain di berbagai kompetisi seperti di Mali, Indonesia dan Malaysia, dipercaya dapat mendongkrak performa Timnas Indonesia.

Makan Konate

“Kalau rezeki, saya pasti bisa menjadi WNI. Sebelumnya sudah pernah diproses,” kata Makan Konate saat hadir di Channel YouTube mantan pemain Persib Bandung, Atep Rizal, yakni Atep TV.

Hanya saja, proses naturalisasi sempat terganjal karena Makan Konate kemudian dipanggil Timnas Mali pada pertengahan 2021 yang notabene negara leluhurnya. Saat itu, Makan Konate dipersiapkan untuk laga uji coba kontra Aljazair (7 Juni), Kongo (11 Juni), dan Tunisia (15 Juni).

Hanya saja, Makan Konate gagal turun di satu laga pun. Karena itu, sesuai aturan FIFA Makan Konate masih bisa memperkuat Timnas Indonesia.

BACA JUGA: 3 Penyerang Gaek yang Bisa Diandalkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Nomor 1 Berdarah Brasil

“Timnas Indonesia memiliki banyak pemain muda berkualitas. Dua atau tiga tahun lagi mereka bisa solid dan kompak,” ujar gelandang 30 tahun tersebut.

“Kalau saya gabung Timnas Indonesia, Alhamdulillah tim bisa kuat. Timnas Indonesia punya banyak pemain bekualitas dan semangat besar,” tegas gelandang yang membantu Persib Bandung juara Liga Super Indonesia 2014 tersebut.

Makan Konate

Makan Konate sendiri memenuhi syarat untuk mendapatkan status WNI. Menurut Undang-Undang 12/2006: Kewarganegaraan RI pasal 9B berbunyi:

“Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut,” bunyi pasal tersebut.

Makan Konate sejak 2012 sudah berkiprah di Indonesia. Otomatis, ia sudah 10 tahun tidak berturut-turut tinggal di Indonesia dan berpotensi mendapatkan status WNI jika PSSI mau membantu prosesnya. Jadi bagaimana Shin Tae-yong, siap menggunakan jasa Makan Konate?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini