Share

5 Aksi Marah-Marah Shin Tae-yong sejak Berstatus Pelatih Timnas Indonesia, Nomor 1 Nasihati Pesohor Tanah Air

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 51 2531260 5-aksi-marah-marah-shin-tae-yong-sejak-berstatus-pelatih-timnas-indonesia-nomor-1-nasihati-pesohor-tanah-air-6JGwXPLSZv.jpg Shin Tae-yong saat melatih Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

AKSI marah-marah Shin Tae-yong sejak berstatus pelatih Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Dikenal pelatih yang tegas, Shin Tae-yong tak segan memarahi orang yang menurutnya telah membuat kesalahan.

Meski begitu, Shin Tae-yong juga dikenal sebagai pribadi yang santun. Ia tetap menghormati para pemain Timnas Indonesia sehingga mendapatkan respek maksimal. Lantas, kapan saja Shin Tae-yong tertangkap kamera sedang marah-marah?

Berikut 5 aksi marah-marah Shin Tae-yong sejak berstatus pelatih Timnas Indonesia:

5. Tendang Osvaldo Haay

Osvaldo Haay (Foto: PSSI)

Medio Februari 2020, Shin Tae-yong memanggil pemain-pemain terbaik Timnas Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan. Dalam sebuah kesempatan, Shin Tae-yong tertangkap kamera menendang penyerang Persija Jakarta, Osvaldo Haay.

Ditengarai, Shin Tae-yong kesal karena Osvaldo Haay telah meledek omongannya. Meski begitu, tendangan tak dilakukan secara keras, alias masih masuk kategori bercanda.

4. Omeli Evan Dimas Dkk

Evan Dimas (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong kesal kepada Evan Dimas dan kawan-kawan saat Timnas Indonesia bertemu Kamboja di matchday pertama Grup B Piala AFF 2020. Ketika Timnas Indonesia unggul 3-0 atas Kamboja, skuad Garuda terkesan meremehkan Kamboja.

Alhasil, Kamboja hampir mengejar ketertinggalan, meski akhirnya tumbang 2-4 dari Timnas Indonesia. Sifat meremahkan itu yang membuat Shin Tae-yong mencak-mencak kelar pertandingan.

"Pertandingan pertama sangat sulit tetapi kami membuat gol cepat jadi bisa mendapatkan hasil yang baik. Setelah babak pertama kami anggap terlalu mudah jadi membuat susah sendiri," kata Shin Tae-yong usai pertandingan dalam konferensi pers pascalaga.

"Dengan alasan skor jauh, jadi para pemain kami menganggap lawan mudah ini memang kesalahan pemain kami. Beberapa peluang tak bisa dibuat menjadi gol dan kami tak bermain seperti babak pertama," tutup Shin Tae-yong.

3. Bertengkar dengan Wasit Cadangan

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong terlihat murka saat wasit tidak memberi pelanggaran di laga Timnas Indonesia vs Malaysia pada matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Padahal, ada dua pemain Timnas Indonesia yang beruntun dijegal pemain Malaysia, yakni Ramai Rumakiek dan Pratama Arhan.

Karena tak bisa protes ke wasit yang berada di pinggir lapangan, Shin Tae-yong mencak-mencak ke wasit cadangan, Saoud Ali Al-Adba. Saat itu, Saoud Ali Al-Adba pun tak mau kalah dengan memarahi balik Shin Tae-yong. Namun, satu hal yang pasti, itu merupakan bukti Shin Tae-yong membela mati-matian Timnas Indonesia.

2. Insiden Nasi Kotak hingga Mabuk

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong merasa dirugikan penyelenggara selama memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Kita mulai dari personel Timnas Indonesia yang hanya menerima nasi kotak selama mentas di Piala AFF 2020.

“Harusnya kami mengonsumsi makanan yang bergizi, tetapi kami justru makan nasi kotak, itu berpengaruh kepada nutrisi pemain, itu sangat berat,” kata Shin Tae-yong.

Selain itu, sistem bubble yang diterapkan penyelenggara dinilai Shin Tae-yong tak efektif. Sebab, di hotel tempat mereka menginap, pemain Timnas Indonesia masih satu lantai dengan tamu lain.

“Masalahnya banyak orang umum juga di lantai (penginapan) kami (Timnas Indonesia) khususnya lantai 7 dan 8, banyak sekali orang umum, dan weekend pun ada orang-orang mabuk juga karena ada pesta, wedding party sepertinya,” kritik Shin Tae-yong.

“Jadi sangat-sangat berisik dan membuat kami (Timnas Indonesia) terganggu istirahatnya,” lanjut pelatih yang membawa Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 tersebut.

1. Nasihati Deddy Corbuzier

Shin Tae-yong saat diwawancara oleh Deddy Corbuzier (Foto: Youtube/Deddy Corbuzier)

Shin Tae-yong baru saja diundang ke podcast Deddy Corbuzier bertajuk Close The Door. Dalam podcast tersebut, Deddy Corbuzier menanyakan banyak hal ke Shin Tae-yong. Tak hanya soal Timnas Indonesia, tapi juga soal pribadi Shin Tae-yong.

Kemudian, Deddy Corbuzier melontarkan candaan ke Shin Tae-yong. Ia menawarkan bagaimana jika PSSI menggunakan ahli gizi asal Korea Utara untuk membantu kerja Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan.

Sekadar informasi, Shin Tae-yong memperhatikan betul pola makan personel Timnas Indonesia. Karena itu, dibutuhkan orang yang kompeten untuk mengurusi hal tersebut.

“Saya punya ide. Kita kan punya pelatih Timnas Indonesia dari Korea Selatan. Kita pakai pakar nutrisi dari Korea Utara,” kata Deddy Corbuzier mengutip dari akun YouTube-nya, Rabu (12/1/2022).

Namun, candaan Deddy Corbuzier ternyata tak direspons positif Shin Tae-yong. Pelatih yang membawa Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010 itu malahan mengeluarkan kalimat yang terkesan marah, meski disampaikan dengan mimik wajah tersenyum.

“Lawakan sepeti itu tidak boleh dibiasakan,” kata Shin Tae-yong sambil tersenyum.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini