Share

5 Pemain Keturunan yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia, Nomor 1 Saingi Pratama Arhan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 51 2530889 5-pemain-keturunan-yang-bisa-perkuat-timnas-indonesia-nomor-1-saingi-pratama-arhan-YCsqmPR03n.jpg Shayne Pattynama. (Foto: Instagram/@s.pattynama)

PEMAIN keturunan yang bisa memperkuat Timnas Indonesia menarik dikulik. Sebab, kehadiran mereka diyakini bisa membuat skuad Garuda makin gacor dalam melakoni berbagai turnamen penting ke depannya bersama Shin Tae-yong.

Saat ini, sejumlah nama pemain keturunan sendiri memang erat dikaitkan dengan Indonesia. Beberapa sudah berhasil diboyong membela Timnas Indonesia, salah satunya Elkan Baggott, yang tampil di Piala AFF 2020.

BACA JUGA: Usai Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya Dapat Hadiah Motor saat Pulang Kampung

Lalu, siapa lagi pemain keturunan yang bisa mengikuti jejak Elkan Baggott? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum 5 pemain keturunan yang bisa perkuat Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Pratama Arhan Dapat Beasiswa S1 dan S2 Usai Tampil Gacor Bersama Timnas Indonesia

5. Benjamin Van Leer

Salah satu pemain yang bisa membela Timnas Indonesia ialah Benjamin Van Leer. Kiper berusia 29 tahun ini memiliki darah Belanda dan Indonesia.

Bernjamin Van Leer

Benjamin Van Leer sendiri sudah malang melintang di sejumlah klub top Eropa. Dia tercatat pernah membela Ajax Amsterdam pada 2017-2020. Namun kemudian, dia dipinjamkan ke NAC Breda pada 2018-2019.

Kini, Benjamin Van Leer membela Sparta. Dengan pengalaman, kualitas permainan, dan kondisi fisik yang kuat, dia bisa menjadi andalan skuad Garuda dalam menjaga mistar gawang.

4. Joey Pelupessy

Nama lainnya ialah Joey Pelupessy. Sama seperti Benjamin Van Leer, dia juga memiliki darah Belanda dan Indonesia.

Joey Pelupessy

Gelandang berusia 28 tahun ini kini membela klub asal Turki, Giresunspor. Sebelumnya, Joey Pelupessy membela FC Twente hingga Sheffield Wednesday yang berlaga di kompetisi kasta kedua Liga Inggris kompetisi kasta kedua Liga Inggris. Dengan pengalaman yang dimiliki, Joey Pelupessy jadi pemain keturunan menarik yang bisa diboyong memperkuat Timnas Indonesia.

3. Navarone Foor

Kemudian, ada juga Navarone Foor. Dia juga memiliki darah Belanda dan Indonesia. Gelandnag kelahiran 4 Februari 1992 ini sendiri juga sudah punya banyak pengalaman berkarier di Eropa.

Navarone Foor

Dia pernah membela NEC Nijmegen, Vitesse Arnhem, hingga kini membela klub asal Siprus, Paphos FC. Tak hanya itu, Navarone juga pernah membela Timnas Belanda di kategori U-19, U-20, dan U-21.

2. Jordy Tutuarima

Kemudian, ada Jordy Tutuarima. Bek kelahiran Velp, Belanda, 28 April 1993 ini juga berdarah Indonesia. Kakeknya diketahui berasal dari Indonesia.

Jordy Tutuarima

Nama Jordy Tutuarima tak kalah menarik disorot untuk membela Timnas Indonesia karena kualitas permainannya hingga pengalamannya dalam berkarier di Eropa. Dia tercatat pernah membela NEC Nijmegen, De Graafschap, hingga dipanggil Timnas Belanda U-17.

1. Shayne Pattynama

Terakhir, ada nama Shayne Pattynama. Bek muda berdarah Belanda-Indonesia ini juga dipandang cocok membela skuad Garuda. Sebab, dia punya bakat gemilang dan segudang pengalaman, meski usianya masih muda, yakni baru menginjak 23 tahun.

Shayne Pattynama

Kini, Shayne Pattynama sendiri tengah berkarier di kasta tertinggi Liga Norwegia bersama Viking FK.  Sejauh ini, dia sudah tampil di 26 laga dalam berbagai kompetisi bersama Viking dan mampu membukukan 2 gol dan 5 assist.

Sebelum hijrah ke klub di Norwegia, Shayne Pattynama sendiri sudah membela Jong Utrech hingga Telstar. Kini kabarnya, Shayne Pattynama melalui sang agen, Fardy Bachdim, sedang mengurus dokumen untuk mengubah statusnya menjadi warga negara Indonesia (WNI). Jika jadi datang ke skuad Garuda, dia diyakini akan jadi pesaing Pratama Arhan dalam mendapatkan posisi di lini belakang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini