Soal Pemain Naturalisasi untuk Timnas Indonesia Kelak, Shin Tae-yong Ingin yang Punya Darah Indonesia

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 51 2530519 soal-pemain-naturalisasi-untuk-timnas-indonesia-kelak-shin-tae-yong-ingin-yang-punya-darah-indonesia-kdW6nWxXaq.jpg Shin Tae-yong ingin pemain naturalisasi memiliki darah Indonesia (Foto: Twitter/@PSSI)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengomentari para pemain naturalisasi yang bakal memperkuat Skuad Garuda di masa depan. Dia menginginkan para pemain dengan darah Indonesia yang dinaturalisasi.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia beberapa kali diperkuat pemain naturalisasi. Akan tetapi, tidak semua pemain naturalisasi memberikan kontribusi positif untuk Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Sejak ditunjuk pada 2020, Shin Tae-yong tidak sembarangan menyertakan pemain naturalisasi ke Timnas Indonesia. Dia pun lebih banyak mempercayai para pemain lokal di starting eleven-nya saat tampil di Piala AFF 2020.

BACA JUGA: 3 Kebiasaan Buruk Pemain Timnas Indonesia Dibongkar Shin Tae-yong, Penyebab Kesulitan Bersaing di Asia?

“Saya hanya menginginkan pemain dengan keturunan Indonesia (untuk dinaturalisasi kelak) dan bukan yang nggak darah Indonesia. Itu bukan pemain dari warga negara lain yang pindah jadi warga negara Indonesia,” kata Shin Tae-yong dalam Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier yang tayang di youtube-nya, Selasa (11/1/2022).

Sejauh ini, Shin Tae-yong sudah memanggil beberapa pemain naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia sebelum Piala AFF 2020 dimulai. Mereka adalah Victor Igbonefo, Ezra Walian, Elkan Baggot, dan Ilija Spasojevic.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Namun, ia tidak menyertakan semuanya ke skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020. Hanya Ezra, Elkan, dan Igbonefo yang dibawa Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020.

Meski hanya diperkuat tiga pemain naturalisasi, Timnas Indonesia mampu melaju hingga final. Sayang, Timnas Indonesia gagal menjadi juara karena kalah agregat 2-6 dari Thailand di partai puncak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini