Share

Pemain Timnas Indonesia Jarang yang Bisa Bahasa Inggris, Ini Cara Elkan Baggott Berkomunikasi

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 51 2530063 pemain-timnas-indonesia-jarang-yang-bisa-bahasa-inggris-ini-cara-elkan-baggott-berkomunikasi-ael9qVCrjP.jpg Ini cara Elkan Baggott berkomunikasi dengan pemain Timnas Indonesia yang kurang lancar berbahasa Inggris (Foto: AFF Suzuki Cup)

BEK tengah Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Elkan Baggott, tidak lancar berbahasa Indonesia, sedangkan para pemain Skuad Garuda lainnya juga kurang lancar berbahasa Inggris. Meski begitu, pemain 19 tahun tersebut punya cara untuk tetap berkomunikasi dengan penggawa Timnas Indonesia lainnya.

Elkan dipercaya menjadi bagian dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pemain keturunan Indonesia-Inggris itu pun tampil maksimal di Piala AFF 2020.

Elkan Baggott (Foto: PSSI)

Saat ini, Elkan belum fasih berbahasa Indonesia sehingga harus menggunakan bahasa Inggris sehari-harinya. Ini menjadi kendala bagi Elkan untuk berkomunikasi dengan pemain lainnya yang tidak fasih berbahasa Inggris.

Meski begitu, Elkan tidak kehilangan akal untuk bisa berkomunikasi dengan pemain Indonesia lainnya. Dia memilih untuk meminta bantuan rekannya, Ryuji Utomo, yang mampu berbahasa Inggris dengan baik.

BACA JUGA: Penyebab Elkan Baggott Sebut Shin Tae-yong Pelatih Kelas Dunia

“Dengan pemain yang tidak berbicara bahasa inggris, saya akan menemui salah satu pemain, contohnya Ryuji, dia mampu berbicara Inggris dan Indonesia dengan baik,” ungkap Elkan, dilansir dari youtube PSSI, Senin (10/1/2022).

Selain itu, Elkan juga mengaku cukup sering berkomunikasi dengan penyerang Timnas Indonesia, Ezra Walian. Akan tetapi, Elkan menilai sebagian besar pemain Timnas Indonesia mampu berbahasa Inggris meski tidak terlalu lancar.

“Juga Ezra, mirip dengan saya, dia dapat sedikit berbicara bahasa Indonesia. Tapi, banyak juga pemain yang sedikit berbicara Inggris,” ucap Elkan.

Karena sedikit kesulitan dalam berkomunikasi, Elkan pun terus belajar bahasa Indonesia. Pemain Ipswich Town itu pun berharap bisa berbicara bahasa Indonesia dengan lancar di masa depan.

Elkan Baggott (Foto: Instagram/@elkanbaggott)

“Tapi, sejak di sini, saya terus berusaha berbicara bahasa Indonesia sebanyak yang saya bisa lancar,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini