Share

Tak Mau Ikuti Timnas Indonesia yang Punya Shin Tae-yong, Malaysia Disarankan Pilih Pelatih Lokal

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 51 2529468 tak-mau-ikuti-timnas-indonesia-yang-punya-shin-tae-yong-malaysia-disarankan-pilih-pelatih-lokal-hiTuQQQBjk.jpg Malaysia diminta rekrut pelatih lokal ketimbang mengikuti Timnas Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PIALA AFF 2020 berakhir pahit untuk Malaysia karena mereka, sebagai finalis edisi 2018, justru gugur di fase grup. Akibatnya, Tan Cheng Hoe pun mundur dari jabatannya sebagai juru taktik Harimau Malaya.

FAM (Federasi Sepakbola Malaysia) diminta beberapa pihak untuk mengisi posisi kosong itu dengan juru taktik asing, seperti Tim Nasional (Timnas) Indoonesia yang dilatih Shin Tae-yong. Akan tetapi, Mantan Direktur Teknik Malaysia, Ong Kim Swee, punya pendapat berbeda.

Tan Cheng Hoe (Foto: Twitter/@FAM_Malaysia)

Menurutnya, Malaysia lebih cocok jika dilatih oleh pelatih lokal ketimbang asing. Sebab, prestasi Malaysia lebih baik bersama juru taktik lokal dari kacamata Ong Kim Swee.

“Jika kita lihat sejak dari zaman jurulatih B. Sathianathan, K. Rajagobal meraih pelbagai kejayaan, kemudian Dollah Salleh dan saya, kami mempunyai prestasi turun naikm” kata Ong Kim Swee, dikutip dari Harimau Malaya, Minggu (9/1/2022).

BACA JUGA: Eks Pelatih Klub Indonesia Ini Siap Bawa Timnas Malaysia Lolos ke Piala Asia 2023

“Kemudian, apabila FAM lantik jurulatih dari luar negara Nelo Vingada yang mana dalam tujuh perlawanan hanya seri sekali sahaja dan selebihnya kalah. Apabila Tan Cheng Hoe ambil alih kita dapat lihat prestasi skuad negara meningkat. Jadi, ia sudah terbukti jurulatih tempatan lebih bagus,” sambungnya.

Ong Kim Swee pun meminta FAM agar teliti dalam memilih pelatih baru. Dia tidak mau pelatih baru itu nantinya langsung dipecat saat Harimau Malaya kalah.

Menurut Ong Kim Swee, pelatih butuh waktu untuk membuat tim juara. Ong Kim Swee menilai, jika satu kekalahan langsung berbuah pemecatan, pelatih kelas dunia pun tidak akan berhasil melatih Malaysia.

“FAM perlu meneliti betul-betul jurulatih yang ingin dipilih kerana kita tidak boleh pilih jurulatih yang apabila kita kalah kena buang. Jika ini berlaku ambillah jurulatih terbaik dunia sekalipun kita tetap tidak akan mencapai kejayaan,” tuturnya.

Tan Cheng Hoe (Foto: AFF Suzuki Cup)

Langkap cepat harus diambil FAM karena banyak agenda menanti Malaysia pada tahun ini. Meski diburu waktu, FAM juga memilih pelatih yang tepat, seperti saran Ong Kim Swee.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini