Penyebab AC Milan Kalah dari Liverpool di Laga Terakhir Grup B Liga Champions 2021-2022

Rio Eristiawan, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 261 2513803 penyebab-ac-milan-kalah-dari-liverpool-di-laga-terakhir-grup-b-liga-champions-2021-2022-wsYyK6aG9g.jpg Laga AC Milan vs Liverpool di Liga Champions 2021-2022. (Foto: Reuters)

MILAN – Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, mengungkapkan penyebab kekalahan timnya dari Liverpool di matchday keenam atau laga terakhir Grup B Liga Champions 2021-2022. Menurut Pioli, hasil minor ini harus didapat karena beberapa faktor.

Pertama, Milan dinilai gagal menjaga tempo permainan. Selain itu, ada banyak kesalahan yang dibuat pemainnya di sepanjang laga tersebut.

Laga AC Milan vs Liverpool di Liga Champions 2021-2022. Foto: Reuters

Sebagaimana diketahui, Milan harus menelan kekalahan 1-2 dari Liverpool. Hasil itu didapat kala berlaga di markas Milan, Stadion San Siro, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB.

Padahal sebenarnya, Milan berhasil unggul terlebih dahulu melalui Fikayo Tomori (28'). Namun, The Reds -julukan Liverpool- berhasil menciptakan dua gol balasan melalui Mohamed Salah (36') dan Divock Origi (55').

Dengan kekalahan itu, Milan harus puas menempati posisi juru kunci di Grup B. Karena itu, perjalanan Rossoneri di Liga Champions musim ini telah usai.

BACA JUGA: Jadi Aktor Penting Kemenangan Liverpool atas AC Milan, Mohamed Salah Banjir Pujian

Seusai pertandingan, Pioli mengakui bahwa timnya salah dalam menerapkan taktik untuk menghadapi strategi Liverpool yang bermain dengan tekanan tinggi. Ia pun menjelaskan timnya gagal mempertahankan tempo permainan setelah unggul dan membuat banyak kesalahan.

BACA JUGA: Hancurkan AC Milan, Klopp Girang Liverpool Lewati Fase Grup Champions dengan Sempurna

“Kadang-kadang kami bisa mencoba bola panjang di atas dan melewatkan lini tengah untuk memanfaatkan kehadiran Zlatan, tetapi masalah terbesar yang saya pikir adalah terlalu sering kami bermain mundur daripada maju," kata Pioli, dilansir dari Tribal Football, Rabu (8/12/2021).

"Misalnya, pada gol kedua kami membalikkannya, mengundang pers dan itu memberi tekanan pada semua orang di tepi area kami," ucapnya.

“Kami tahu grup ini sangat sulit, dan begitu juga pertandingan malam ini, tetapi sayangnya kami tidak dapat mempertahankan tempo yang cukup tinggi dan kami membuat terlalu banyak kesalahan, yang pada level ini mahal,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pioli mengaku menyesal karena tidak memaksimalkan perolehan poin saat menghadapi Atletico Madrid dan Porto di San Siro. Namun, pelatih asal Italia itu menjelaskan kegagalan lolos ke babak 16 besar akan menjadikan pelajaran timnya di Liga Eropa.

Laga AC Milan vs Liverpool di Liga Champions 2021-2022. Foto: Reuters

“Ada penyesalan, karena saya pikir kami pantas mendapatkan lebih, terutama melawan Atletico Madrid dan Porto di kandang. Karena itu, itu bisa terjadi pada level ini untuk skuad yang tidak berpengalaman," tuturnya.

“Kami telah melihat jenis lawan yang ada di Eropa, kualitas dan fokus yang dibutuhkan, jadi kami akan belajar dari itu. Tetap di Eropa adalah tujuan kami, tetapi kami akan mencoba mengambil pelajaran dari pengalaman ini dan terus berkembang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini