5 Pelatih Hebat yang Pernah Tolak Manchester United, Nomor 1 Rival Sir Alex Ferguson

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 51 2513511 5-pelatih-hebat-yang-pernah-tolak-manchester-united-nomor-1-rival-sir-alex-ferguson-l787xNwD5I.jpg Tidak seperti Ralf Rangnick, lima pelatih hebat ini justru tolak Manchester United (Foto: Reuters)

MANCHESTER United adalah salah satu klub besar yang menjadi tujuan banyak pemain dan pelatih. Hal itu wajar karena The Red Devils merupakan klub sarat prestasi gemilang di masa lalu.

Ketika Sir Alex Ferguson pensiun sebagai juru taktik Man United pada akhir musim 2012-2013, banyak pelatih yang ingin menjadi penggantinya. Akan tetapi, ada juga pelatih hebat yang menolak untuk melatih Man United.

Keputusan para pelatih hebat itu berbeda dari Ralf Rangnick yang kini menukangi Man United. Berikut lima pelatih hebat yang pernah tolak Man United, dilansir dari Sportskeeda, Selasa (7/12/2021).

5. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp (Foto: Reuters)

Daftar ini akan diawali oleh Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Klopp, yang juga sukses bersama Borussia Dormtund, pernah mendapatkan tawaran untuk menukangi Man United pada 2013 silam, tetapi dia menolaknya.

Padahal, dia sempat berbicara dengan Ferguson soal pekerjaan melatih Man United, tetapi Klopp tetap pada keputusannya. Lagi pula, Klopp tidak mendapatkan tawaran resmi dari Man United saat itu. Kini, Klopp mengukir kesuksesan bersama Liverpool.

4. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti (Foto: Reuters)

Seperti Klopp, Carlo Ancelotti pun pernah berbicara kepada Ferguson soal pekerjaan melatih Man United pada 2013. Meski begitu, Ancelotti menolak pekerjaan tersebut karena sudah dekat untuk bergabung ke Real Madrid.

Ancelotti, yang sukses bersama AC Milan dan Chelsea, lebih memilih Madrid untuk menunaikan misi meraih trofi Liga Champions ke-10 atau La Decima yang sukses dilakukannya. Kini, Ancelotti sedang menjalani periode keduanya di Madrid.

3. Roberto Mancini

Roberto Mancini (Foto: Reuters)

Posisi ketiga dalam daftar ini ditempati oleh Pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia, Roberto Mancini. Juru taktik Italia itu mendapatkan tawaran untuk melatih Man United usai pemecatan Ole Gunnar Solskjaer, tetapi dia memilih untuk tetap menukangi Gli Azzurri yang baru saja dibawanya juara Piala Eropa 2020.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane (Foto: Reuters)

Mantan juru taktik Madrid lainnya, Zinedine Zidane, juga pernah ditawari untuk membesut Man United. Pelatih asal Prancis itu ditawarkan untuk melatih Man United mulai musim panas 2022, tetapi Zidane menolak.

Zidane dikabarkan lebih tertarik untuk melatih Paris Saint-Germain (PSG) atau Timnas Prancis di masa depan. Alhasil, Man United kembali mendapatkan penolakan.

1. Arsene Wenger

Arsene Wenger (Foto: Istimewa)

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh rival Ferguson, Arsene Wenger. Sebagaimana diketahui, Ferguson kerap bersitegang dengan Wenger karena juru taktik asal Prancis itu menukangi Arsenal yang sempat mengganggu dominasi Man United di Inggris.

Meski sering melukai Man United, Wenger ternyata pernah mendapatkan tawaran untuk melatih The Red Devils. Sayang, dia tidak memberitahukan secara pasti kapan tawaran itu datang.

“Saya tidak memberitahu Anda itu (kapan waktu tawaran datang), tetapi saya dapat memberi tahu Anda, bahwa Man United menawari saya pekerjaan itu. Ah, kami memiliki beberapa pertempuran yang bagus. Dia (Ferguson) adalah pria yang cerdas. Anda tidak memiliki karir seperti orang ini jika Anda bodoh,” kata Wenger.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini