Michael Carrick Gemilang, Kenapa Manchester United Ikat Ernesto Valverde sebagai Pelatih?

Tino Satrio, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 261 2506566 michael-carrick-gemilang-kenapa-manchester-united-ikat-ernesto-valverde-sebagai-pelatih-ot0fwqDUtX.jpg Michael Carrick gagal jadi pelatih interim hingga akhir musim. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

MICHAEL Carrick memberikan hasil gemilang di laga debutnya bersama Manchester United. Bertandang ke markas Villarreal di matchday kelima Grup F Liga Champions 2021-2022, Manchester United menang 2-0. Namun, di balik kemenangan ini, justru muncul nama Ernesto Valverde.

Menurut laporan BBC, pelatih asal Spanyol ini disebut-sebut sudah dihubungi Manchester United. Eks pelatih Barcelona ini akan ditunjuk sebagai pelatih caretaker Manchester United hingga akhir musim 2021-2022.

Michael Carrick

(Michael Carrick (kanan) bawa Manchester United raih kemenangan)

"Manchester United telah menghubungi mantan bos Barcelona Ernesto Valverde untuk peran pelatih sementara," tulis BBC pada Rabu, (24/11/2021).

Ernesto Valverde akan ditunjuk sebagai pelatih sementara setelah Manchester United kesulitan mendapatkan Mauricio Pochettino dari Paris Saint-Germain (PSG).

Masih dari sumber yang sama, ketertarikan manajemen Manchester United terhadap Ernesto Valverde bukan tanpa sebab. Pola kepelatihannya dinilai cocok dengan keinginan petinggi Manchester United yang ingin melihat skuadnya bermain dari kaki ke kaki.

BACA JUGA: 5 Perubahan yang Dilakukan Michael Carrick di Laga Villarreal vs Manchester United, Nomor 1 si Mesin Gol

Sebagai informasi tambahan, Ernesto Valverde merupakan pelatih yang kerap kali menggunakan formasi 4-3-3. Saat ini, Ernesto Valverde masih menganggur usai dipecat Barcelona pada Januari 2020.

Sejatinya, catatan Ernesto Valverde bersama klub asal Catalunya itu tak buruk-buruk amat. Secara total, ia memimpin Barcelona dalam 145 laga. Dengan rincian, 93 kali menang, 32 mendapat hasil imbang, dan hanya kalah 16 kali.

 Ernesto Valverde

(Ernesto Valverde calon pelatih Manchester United)

Selama tiga musim (2017-2020) mengabdi, Ernesto Valverde menyumbang empat gelar untuk Blaugrana –julukan Barcelona. Dari empat gelar itu, catatan terbaiknya mengantarkan Barcelona juara Liga Spanyol beruntun, yakni pada 2017-2018 dan 2018-2019.

Jika selama menjabat sebagai pelatih interim Ernesto Valverde memberikan hasil maksimal, jangan heran eks pelatih Athletic Bilbao ini diikat permanen. Karena itu, menarik menanti peresmian Ernesto Valverde sebagai juru taktik interim Manchester United.

Sekarang yang jadi pertanyaan, kenapa Valverde yang dipilih bukan Michael Carrick? Faktor pengalaman yang jadi alasannya. Di saat Valverde sudah sukses bersama Olympiakos, Bilbao hingga Barcelona, Michael Carrick belum memiliki jam terbang menjadi pelatih kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini