Share

Tak Takut dengan Taliban, Timnas Afghanistan Tetap Kibarkan Bendera dan Kumandangkan Lagu Nasional saat Hadapi Timnas Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Selasa 16 November 2021 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 51 2502339 tak-takut-dengan-taliban-timnas-afghanistan-tetap-kibarkan-bendera-dan-kumandangkan-lagu-nasional-saat-hadapi-timnas-indonesia-N9diQOdgdd.jpg Timnas Afghanistan mulai latihan untuk hadapi Timnas Indonesia. (Foto: Tolonews)

ANTALYA - Pertandingan melawan Tim Nasional (Timnas) Indonesia ternyata begitu teramat berarti bagi Timnas Afghanistan. Sebab laga uji coba yang berlangsung pada Selasa (16/11/2021) tersebut akan menjadi pertandingan perdana mereka usai kasus Taliban yang mengambilalih negara mereka.

Untuk itu, Timnas Afghanistan akan bermain total saat menghadapi skuad Garuda. Termasuk Timnas Afghanistan akan tetap mengibarkan dan menyanyikan lagu nasional bangsa mereka tanpa mempedulikan pihak Talibam

Seperti yang dikatakan pelatih Timnas Afganistan, Anoush Dastgir, timnya tak peduli dengan penguasaan Taliban di negaranya. Sebab itulah, ia pun akan tetap mengibarkan bendera nasional dan menyanyikan lagu kebangsaan jelang laga melawan Timnas Indonesia yang berlangsung di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Laga Timnas Indonesia vs Timnas Afghanistan Layaknya Final Piala Dunia, Setuju?

Timnas Afghanistan (Tolonews)

Para pemain Afghanistan mulai menjalani kamp pelatihan di Turki sejak awal bulan lalu. Mereka tak sabar untuk bermain sepakbola lagi setelah harus terhenti menyusul konflik politik di negaranya antara pemerintah dan Taliban.

Tim harus melewatkan dua pertandingan internasional karena kerusuhan politik di negara itu. Untuk waktu yang lama, fokusnya adalah pada evakuasi pemain sepakbola.

Di sisi lain, tim asuhan Dastgir sangat populer di Afghanistan karena berada di ambang kualifikasi Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Sebuah turnamen yang ditonton oleh satu miliar orang, di situlah mereka ingin melihat Singa Khorasan -julukan Afghanistan- bersinar.

Jelang pertandingan saat ditanya mengenai lebih memilih mengibarkan bendera Afghanistan atau Taliban, Dastgir menegaskan pada pilihan pertama. Tujuannya adalah menjadi pahlawan bagi jutaan publik Afghanistan yang membutuhkan hiburan.

"Saya pelatih nasional dari 39 juta warga Afghanistan, saya bukan pelatih nasional rezim Taliban. Kami mengibarkan bendera Afghanistan," kata pelatih nasional Dastgir dikutip laman NOS pada Selasa (16/11/2021).

“Mungkin kami tidak lagi diterima di Afghanistan, sementara hampir semua orang masih memiliki keluarga di sana. Itu sangat intens, tetapi kami beruntung dapat melarikan diri, dan baik-baik saja,” lanjutnya.

Afghanistan saat ini dikuasai oleh Taliban

“Kami merasa bertanggung jawab atas orang-orang yang ada di sana. sekarang mengalami kesulitan. Jika saya tidak lagi diizinkan menjadi pelatih nasional setelah ini, saya setidaknya bisa pergi dengan kepala tegak,” ucapnya.

Sebelumnya semangat serupa juga ditunjukkan para pemain di antaranya sang penyerang Omid Popalzay. Omid mengatakan akan menatap laga ini layaknya Final Piala Dunia demi menghadirkan kemenangan yang menghibur jutaan rakyat Afghanistan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini