Share

5 Pemain Keturunan yang Bisa Bantu Shin Tae-yong Bawa Indonesia Juara Piala AFF 2020, Nomor 1 Pernah Ditangani Pochettino

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 31 Oktober 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 31 51 2494425 5-pemain-keturunan-yang-bisa-bantu-shin-tae-yong-bawa-indonesia-juara-piala-aff-2020-nomor-1-pernah-ditangani-pochettino-CQqmbCXnt1.jpg Lima pemain keturunan yang bisa bantu Shin Tae-yong bawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020 (Foto: Instagram/@jordiamat5)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia bakal berjuang di Piala AFF 2020. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, harus memilih para pemain terbaik untuk memperkuat skuadnya.

Beberapa pemain keturunan pun bisa menjadi pilihan dari juru taktik asal Korea Selatan itu. Berikut lima pemain keturunan yang berpeluang bisa bantu Shin Tae-yong bawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020.

5. Sandy Walsh

Sandy Walsh (Foto: Instagram/@sandywalsh)

Sandy Walsh adalah salah satu pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Eropa. Pemain berpaspor Belanda itu kini main untuk klub Belgia, KV Mechelen.

Meski biasa main di posisi bek kanan, Sandy juga bisa berperan sebagai bek tengah. Selain itu, dia juga merupakan bek kanan yang rajin membantu serangan. Pada musim 2020-2021, Sandy sudah mencetak dua gol dan membuat tiga assist di kasta tertinggi Liga Belgia.

4. Kevin Diks

Kevin Diks (Foto: Instagram/@kevindiks2)

Posisi keempat dalam daftar ini adalah Kevin Diks yang membela FC Copenhagen di Liga Denmark. Kevin bahkan pernah mengutarakan niatnya untuk membela Timnas Indonesia. Sekadar informasi, Kevin memiliki darah Indonesia, yaitu Maluku, dari kakek dan neneknya

Sayangnya, niat Kevin terhalangi oleh aturan FIFA karena dia pernah bermain untuk Timnas Belanda U-21. Aturan FIFA menyatakan, bahwa seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly (Foto: PSSI)

Posisi selanjutnya ditempati pemain Bali United, Stefano Lilipaly. Pemain berdarah Belanda ini merupakan salah satu andalan Timnas Indonesia era Luis Milla.

Lilipaly bisa bermain sebagai gelandang serang dan sayap kanan ataupun kiri. Sejauh ini, Lilipaly sudah membuat satu assist untuk Bali United di Liga 1 musim ini. Kreativitas Lilipaly bisa membuat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong lebih berbahaya di Piala AFF 2020.

2. Elkan Baggott

Elkan Baggott (Foto: Ipswich Town)

Posisi kedua menjadi milik Elkan Baggott yang sempat main untuk Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Pemain berdarah Indonesia-Inggris itu sempat menarik perhatian karena disebut menolak panggilang PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, bek tengah Ipswich Town itu sudah meminta maaf dan telah siap untuk bermain dengan lambang garuda di dada. Dia bisa menjadi pilihan di lini pertahanan Timnas Indonesia dengan tingginya yang menyentuh 194 cm.

1. Jordi Amat

Jordi Amat (Foto: Instagram/@jordiamat5)

Selanjutnya, ada nama Jordi Amat yang merupakan mantan anak asuh Luis Milla di Timnas Spanyol U-21. Selain main untuk Luis Milla, bek tengah berumur 29 tahun itu juga pernah diasuh Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Mauricio Pochettino, di Espanyol  pada 2010-2012.

Pemain berpaspor Spanyol itu memiliki darah Indonesia dari sang nenek, yang diakuinya, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia pernah menyatakan niatnya untuk main bersama Timnas Indonesia. Sekadar informasi, Jordi kini bermain untuk klub Belgia, Kas Eupen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini