Gagal Kalahkan Timnas Australia U-23, Shin Tae-yong: Mohon Tetap Dukung Timnas Indonesia U-23

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 29 Oktober 2021 22:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 29 51 2493994 gagal-kalahkan-timnas-australia-u-23-shin-tae-yong-mohon-tetap-dukung-timnas-indonesia-u-23-j4YMSMPXPF.jpg Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

DUSHANBE – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 kalah dua kali (2-3 dan 0-1) dari Timnas Australia U-23, yang berarti Garuda Muda gagal melaju ke Piala Asia U-23 2022. Kecewa jelas dirasakan para pemain, untuk itulah pelatih Timnas Indonesia U-2, Shin Tae-yong mengharapkan selalu dukungan Tanah Air untuk para pemain Garuda Muda tersebut.

Shin mengatakan seluruh elemen Timnas Indonesia U-23 sudah bekerja semaksimal mungkin walau hasil akhir belum maksimal. Karena itu, ia tetap meminta dukungan dari masyarakat Indonesia terhadap Garuda Muda.

“Melalui televisi (para penggemar) nonton pertandingan hari ini, jadi mereka mengetahui performa hanya melalui televisi. Akan tetapi, para pelatih dan staff bekerja sangat keras, dan juga banyak peningkatan (yang ditunjukkan para pemain), mereka tidak menyerah sampai akhir,” ungkap Shin Tae-yong usai laga, dikutip dari keterangan pers, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga: Shin Tae-yong Luar Biasa: Persiapan Cuma 2 Minggu, Timnas Indonesia U-23 Repotkan Timnas Australia U-23

Timnas Indonesia U-23

“Jadi, mohon dukungannya (untuk selanjutnya),” sambungnya.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu juga memetik banyak pelajaran usai tampil di fase grup kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Menurutnya, timnya sangat dirugikan dengan mundurnya dua tim (Brunei Darussalam dan China).

“Memang jujur dari awal (kita) ada di posisi ini, seharusnya ada empat tim seperti di grup yang lain. Mundurnya Brunei Darussalam dan China sangat merugikan kami, dan dalam turnamen ini sebenarnya ada banyak hal yang harus kita perbaiki. Itu catatan untuk ke depannya,” tambah Shin Tae-yong.

Selain itu, Shin juga mengatakan ada beberapa catatan tersendiri bagi Timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2020 mendatang. Catatan itu adalah kondisi fisik dan kebugaran yang harus ditingkatkan karena ia mengisyaratkan akan memanggil beberapa pemain (Timnas Indonesia U-23) saat berlaga di Piala AFF 2020 nanti.

“Memang para pemain itu merasakan kekurangannya apa (yakni fisik). Jadi, harus memperbaiki masalah kondisi fisik dulu, mereka tak merasakannya saat bermain di Liga (Indonesia), tapi pertandingan Internasional seperti ini sangat jauh berbeda,” jelasnya.

Shin Tae-yong saat melatih Timnas Indonesia

“Jadi, jika para pemain sudah balik ke Timnas itu harus bisa bermain lebih maksimal lagi. Ada beberapa pemain yang akan dipanggil ke Piala AFF,” tambahnya.

Shin Tae-yong meminta dukungan karena tahu betapa berjuangnya para pemain Timnas Indonesia U-23 untuk bisa mengalahkan Timnas Australia U-23. Namun, takdir berkata lain dan ia berharap daya juang para pemain Garuda Muda tidak luntur dan karenanya ia berharap adanya dukungan dari masyarakat Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini