Pangeran Arab Beli Newcastle United Rp5,8 Triliun, Butuh Berapa Tahun The Magpies untuk Juara Liga Inggris?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 45 2483111 pangeran-arab-beli-newcastle-united-rp5-8-triliun-butuh-berapa-tahun-the-magpies-untuk-juara-liga-inggris-TTlTiOrYfx.jpg Fans Newcastle United merayakan bergabungnya Mohamed bin Salman bersama tim kesayangan mereka. (Foto: REUTERS/Lee Smith)
PANGERAN Arab Saudi, Mohamed bin Salman, resmi membeli Newcastle United pada Kamis, 7 Oktober 2021 malam WIB. Melalui konsorsiumnya, Public Investment Fund (PIF), Mohamed bin Salman mengeluarkan 300 juta pounds atau sekira Rp5,8 triliun untuk membeli saham mayoritas The Magpies –julukan Newcastle United.

Berakhirnya era Mike Ashley –pemilik Newcastle United sebelumnya– berpindah ke ke Mohamed bin Salman, membuat fans The Magpies bersukacita. Mereka merayakan pengambilalihan ini secara meriah di depan St. James Park yang notabene markas Newcastle United.

Newcastle United

(Fans Newcastle United merayakan kehadiran Mohamed bin Salman)

Tentu fans mereka berharap kehadiran Mohamed bin Salman membuat Newcastle United dapat kembali bersaing di papan atas Liga Inggris, layaknya pada 2000-an awal. Namun, tak sampai di situ harapan fans Newcastle United.

Diharapkan kehadiran Mohamed bin Salman membuat Newcastle United dapat memenangkan trofi Liga Inggris. Terlebih, sudah cukup lama Newcastle United tak menjadi juara Liga Inggris. Terakhir kali The Magpies menjadi raja di negeri sendiri adalah pada 1926-1927.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Mohamed bin Salman mengantarkan Newcastle United juara Liga Inggris? Jika iya, butuh waktu berapa lama untuk merealisasikannya?

BACA JUGA: Pangeran Arab Saudi Resmi Beli Newcastle United Rp5,8 Triliun, The Magpies Langsung Juara Liga Inggris?

Pada musim panas 2008, taipan asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour, mengambil alih saham mayoritas Manchester City. Perlahan-lahan, pemain-pemain bintang didatangkan ke Stadion Etihad.

Di musim panas 2008, sejumlah pemain didatangkan ke Stadion Etihad seperti Robinho, Vincent Kompany, Nigel De Jong, Wayne Bridge, Craig Bellamy, Tal Ben Haim dan Jo. Singkat kata, Manchester City membutuhkan empat musim untuk juara Liga Inggris.

Sheikh Mansour

(Sheikh Mansour (tengah), pemilik Manchester City)

Mereka menyabet gelar Liga Inggris pertama pada 2011-2012 ketika kendali tim dipegang Roberto Mancini. Sebelumnya di awal-awal kepemimpinan Sheikh Mansour, Manchester City ditangani Mark Hughes.

Karena itu, hal pertama yang harus dirombak dalam ambisi memenangkan trofi Liga Inggris adalah mengganti pelatih. Kabarnya, pelatih Newcastle United saat ini, Steve Bruce, akan digantikan pelatih yang lebih berkualitas dalam waktu dekat.

Hanya saja, Newcastle United takkan semudah membalikkan telapak tangan untuk menjadi kampiun Liga Inggris. Di era-era awal Sheikh Mansour memegang Manchester City, belum ada aturan Financial Fair Play sehingga ia bebas mendatangkan pemain top ke Stadion Etihad.

Sekarang, Newcastle United harus patuh terhadap aturan Financial Fair Play. Karena itu, mereka tak bisa seenakya untuk mendatangkan pemain bintang ke St. James Park. Pertanda Newcastle United takkan pernah juara Liga Inggris meski dimiliki pangeran Arab?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini