Share

Taiwan Pecat Pelatih dan Coret 4 Pemain, Untungkan Timnas Indonesia?

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 51 2482697 taiwan-pecat-pelatih-dan-coret-4-pemain-untungkan-timnas-indonesia-onTnngNiL3.jpg Timnas Indonesia akan melawan Taiwan di Thailand (Foto: PSSI)

BURIRAM - Taiwan dirundung banyak masalah jelang tanding lawan Tim Nasional (Timnas) Indonesia di I-Mobile Stadium, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021), pukul 19.00 WIB, dalam Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Jelang pertandingan penting itu, Taiwan justru memecat sang pelatih, Henry Von, dan mencoret empat pemain karena tindakan idisipliner.

Menurut laporan Asosiasi Sepakbola Taiwan (CTFA), penyebab Von dilengserkan dari kursi pelatih ialah karena tidak mengontrol para pemainnya. Selain itu, Von dianggap lalai menjaga kedisiplinan para pemain.

Timnas Taiwan (Foto: CTFA)

Menanggapi kabar tersebut, Von mengatakan tuduhan itu tidak benar dan dia tidak diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan. Dia telah meminta penyelidikan internal menyeluruh sehingga dia serta para pemain dapat memberikan bukti dan penjelasan.

Von mengecam tindakan CTFA karena dinilai akan mengganggu para pemain dan staf jelang pertandingan penting kontra Indonesia. Menurutnya, itu akan berdampak negatif pada kepercayaan diri pemain dan moral tim.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Taiwan: Kualitas 5 Pemain yang Merumput di Luar Negeri Bikin Skuad Garuda Menang Telak?

Terlepas dari pemecatannya, Von telah meminta penggemar untuk tetap mendukung Taiwan. Dia juga meminta para pemain untuk memberikan penampilan terbaik mereka.

Beberapa pemain dikabarkan merasa kecewa dan tidak puas dengan keputusan pemecatan pelatih secara tiba-tiba. Selain itu, pada akhir pekan lalu, CTFA juga telah mencoret empat pemainnya karena dianggap melanggar aturan Covid-19 dengan mabuk-mabukan.

Seperti dilansir dari Taiwan Times, Kamis (7/10/2021), empat pemain itu adalah Chen Hao-wei, Yu Chia -huang, Pai Shao-yu, dan Tuan Hsuan. Mereka digantikan Ko Yu-ting, gelandang Lin Chang-lun, dan Chiu Yu-hung.

Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Untuk posisi pelatih, Von akan digantikan oleh asistennya, Yeh Hsien-chung, untuk dua pertandingan kontra  Indonesia. Kabar ini tentunya tidak menguntungkan bagi Taiwan, tetapi menjadi berkah untuk Indonesia. Jika bisa memanfaatkan situasi tidak kondusif Taiwan, Indonesia seharusnya dapat meraih hasil positif pada hari ini dan 11 Oktober mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini