Jika Perang Dunia Pecah, Markas Latihan Manchester United Bisa Jadi Ladang Kentang

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 45 2482234 markas-latihan-man-united-bakal-jadi-ladang-kentang-jika-perang-dunia-pecah-up0B0PQIpm.jpg Markas latihan Man United di Carrington bisa dijadikan ladang kentang jika ada perang terjadi. (Foto: Laman resmi Man United)

MANCHESTER – Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson mengungkapkan sebuah fakta menarik terkait markas latihan Setan Merah yang kini berada di Carrington. Menurut pemaparannya, tempat latihan Man United itu bakal diubah menjadi ladang kentang jika suatu saat nanti ada perang terjadi.

Ferguson menyebut kesepakatan markas latihan Man United diubah menjadi ladang kentang itu sudah tertulis dalam perjanjian saat mereka membeli tanah di daerah Carrington, Manchester tersebut.

Jadi, jangan kaget jika suatu saat nanti ada perang terjadi, para pemain Man United tak bisa latihan di markas sendiri karena sudah diubah menjadi ladang kentang. Ferguson pun menyebut perubahan menjadi ladang kentang adalah sebagian klausul unik yang ada di perjanjian pembelian tanah di Carrington tersebut.

Baca Juga: Tak Ikuti Jejak Wayne Rooney, Putra Keduanya Justru Terjun ke Rugbi

Markas latihan Man United di Carrington

Seperti yang diketahui Man United awalnya memiliki tempat latihan di The Cliff. Lalu pada 2000 yang lalu Ferguson berniat mencari tempat latihan baru karena merasa Mana United berhasil berkembang semakin pesat.

Ferguson membutuhkan area latihan yang lebih luas dan sarana yang lengkap. Saat itu ketemulah tanah di Carrington, tapi pembeliannya memberikan sejumlah perjanjian menarik seperti ada wilayah yang dikhususkan untuk angsa Kanada dan tikus, termasuk ladang kentang jika ada perang.

“The Cliff sebenarnya sudah bagus ketika saya pertama kali datang (ke Man United), tetapi kemudian klub semakin berkembang. Kami harus membangun bangunan baru untuk para pemain karena kami dan pada saat itu kami tak memiliki ruangan di gedung yang sebenarnya,” cerita Ferguson, dilansir dari The Sun, Rabu (6/10/2021).

"Jadi, kemudian saya mulai berkeliaran di sekitar Manchester mencari sebidang tanah tempat kami bisa membangun tempat latihan baru. Kami berburu di mana-mana, khususnya di Manchester Utara,” lanjut manajer legendaris The Red Devils tersebut.

"Les Kershaw (mantan direktur akademi) datang kepada saya dan temannya bekerja untuk Shell. Dia berkata 'Shell mencoba menjual sebagian tanah mereka di Carrington'. jadi kami pergi untuk melihatnya,” tambahnya.

Markas latihan Man United di Carrington

"Ukuran tanah yang kami dapatkan, saya pikir itu 28 hektar atau lebih, tetapi ada batasan yang tidak dapat saya pahami hari itu. Sebagian dari peraturannya adalah, jika terjadi perang, maka kami harus mengubah tanah menjadi ladang kentang,” imbuh Ferguson.

"Lalu di bagian paling akhir, harus ada satu atau dua hektar untuk angsa Kanada. Ada parit dan kami tidak bisa mengubahnya karena tikus hidup di dalamnya. Kami benar-benar tidak bisa melakukan apa-apa,” tutup Ferguson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini