Kecewa Lihat Hwang Hee-chan Diejek Fans Man United, Park Ji-sung Meminta Penggemar Stop Lakukan Nyanyian Bernada Rasis

Cikal Bintang, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 02:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 45 2481752 kecewa-lihat-hwang-hee-chan-diejek-fans-man-united-park-ji-sung-meminta-penggemar-stop-lakukan-nyanyian-bernada-rasis-e8o7wv3HsN.JPG Hwang Hee-chan mendapatkan perlakuan rasis dari pendukung Man United. (Foto: Reuters)

MANCHESTER Park Ji-sung memohon kepada para pendukung penggemar Manchester United untuk tak lagi mengumandakan nyanyian yang bernada rasis. Apalagi kasus terbaru diterima oleh pemain yang berasal dari Korea Selatan yang sama seperti Ji-sung, yakni Hwang Hee-chan yang saat ini membela Wolverthampton Wanderers.

Momen Hee-chan mendapatkan perlakuan rasis dari publik Old Trafford terjadi saat Manchester United bersua Wolves di Liga Inggris 2021-2022 pada Agustus 2021 silam.

Pada laga yang dimenangkan Man United 1-0 itu, ada momen yang merusak suasana karena ada tindakan tak terpuji para penggemar The Red Devils yang menyanyikan lagu berbau rasis kepada Hwang Hee Chan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Sempat Posting Hal Sedih Sebelum WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down

Park Ji-sung saat masih bela Man United

Karena itu, Park Ji Sung angkat bicara dan mendesak para penggemar untuk berhenti menyanyikan lagu tersebut. Sekadar informasi, lagu tersebut mengandung stereotip negatif tentang orang Korea Selatan yang gemar memakan daging anjing.

“Saya tahu bahwa penggemar (Manchester) United tidak bermaksud menyinggung ia (Hwang Hee Chan) untuk lagu itu, tetapi saya tetap harus mendidik para penggemar untuk menghentikan kata itu, yang biasanya akhir-akhir ini merupakan penghinaan rasial kepada orang-orang Korea (Selatan),” ujar Ji-sung dilansir dari The Irish Times, Rabu (6/10/2021).

“Mendengarkan nyanyian bahkan 10 tahun kemudian sekarang, saya merasa kasihan pada saya yang lebih muda yang mencoba mengatasi ketidaknyamanan yang saya rasakan saat itu,” sambungnya.

“Di Korea, banyak hal telah berubah. Memang benar bahwa secara historis kita telah makan daging anjing, tetapi akhir-akhir ini, terutama generasi muda, mereka sangat tidak menyukainya. Itu menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang Korea ketika mereka mendengar lagu itu,” tambahnya.

Hwang Hee-chan

Park Ji Sung sendiri merupakan pemain asal Korea Selatan tersukses di Liga Inggris. Bersama Manchester United, Park sudah mengantar Red Devils merengkuh empat gelar Liga Inggris, satu trofi Liga Champions dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Sebagai orang yang juga berasal dari Korea Selatan, Ji-sung tahu betul bagaimana kerasnya bermain di negara orang. Tapim Ji-sung berhasil menarik dukungan fans Man United karena kehebatannya kala itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini