Dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Berakhir, Top Skor Liga Champions Lebih Beragam

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 261 2479146 dominasi-cristiano-ronaldo-dan-lionel-messi-berakhir-top-skor-liga-champions-lebih-beragam-JBx3IaAGXA.jpg Cristiano Ronaldo dan Messi tak lagi jadi top skor Liga Champions. (Foto: UEFA.com)

TOP skor Liga Champions sempat didominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama 12 musim (2007-2008 hingga 2018-2019). Dalam periode tersebut, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bergantian menjadi yang tertajam.

Hanya ada satu musim di mana Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengoleksi jumlah gol yang sama. Di Liga Champions 2014-2015, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Neymar Jr sama-sama mengoleksi 10 gol.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

(Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sempat bergantian menjadi top skor Liga Champions)

Total selama 12 musim itu, Cristiano Ronaldo tujuh kali menjadi top skor, sedangkan Lionel Messi enam kali. Namun, semenjak Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak lagi dominan, peraih gelar top skor Liga Champions lebih beragam.

Dibilang begitu karena peraih gelar top skor Liga Champions selalu berganti tiap tahunnya. Di Liga Champions 2019-2020, gelar top skor disabet Robert Lewandowski (Bayerrn Munich) yang mengemas 15 gol.

Kemudian pada Liga Champions 2020-2021, Erling Haaland (Borussia Dortmund) yang menjadi top skor dengan 10 gol. Musim ini, sejumlah nama bersaing menjadi yang tertajam.

BACA JUGA: Nominasi Ballon dOr 2021 Diumumkan 8 Oktober, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Masuk Daftar?

Sebut saja Sebastian Haller (Ajax Amsterdam) yang untuk sementara duduk sebagai top skor dengan raihan lima gol. Kemudian disusul Christopher Nkunku (RB Leipzig) dan Robert Lewandowski (Bayern Munich) yang sama-sama mengemas empat gol.

Di bawah mereka ada Mohamed Salah (Liverpool) yang mendulang tiga gol. Di luar Robert Lewandowski, nama-nama yang bercokol di jajaran teratas pencetak gol terbanyak musim ini sama-sama belum pernah menjadi top skor.

Mohamed Salah

(Mohamed Salah sudah mencetak tiga gol di Liga Champions 2021-2022)

Akankah muncul nama baru yang merebut gelar top skor Liga Champions 2021-2022? Peluang itu ada, mengingat banyak pemain muda yang siap mencuat.

Sebut saja Darwin Nunez (Benfica) yang semalam dua kali membobol gawang Barcelona hingga penyerang Red Bull Salzburg berusia 19 tahun, Karim Adeyemi.

Dapat ditarik kesimpulan, tak mencuatnya lagi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di daftar top skor Liga Champions, membuat perebutan gelar tertajam menjadi lebih terbuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini