Soal Keributan dan Video Acungkan Jari Tengah Zulham Zamrun, Begini Tanggapan PSSI

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 04:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 49 2469968 soal-keributan-dan-video-acungkan-jari-tengah-zulham-zamrun-begini-tanggapan-pssi-SfzQ0YR88a.jpg Logo PSSI. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memberi tanggapan soal perilaku pemain AHHA PS Pati, Zulham Zamrun, yang tengah jadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir. Perbincangan itu bermula dari laga uji coba yang mempertemukan AHHA PS Pati melawan Persiraja Banda Aceh.

Laga uji coba AHHA PS Pati vs Persiraja Banda Aceh digelar pada Senin 6 September 2021. Laga ini berakhir dengan kemenangan AHHA PS Pati dengan skor 3-0.

Zulham Zamrun

Di pertengahan pertandingan, Zulham Zamrun kedapatan menekel salah seorang pemain Persiraja. Kejadian itu memicu keributan besar dari kedua tim.

Aksi tersebut pun memicu kecaman dari pencinta sepakbola Indonesia. Namun, meski sudah seperti itu, Zulham masih belum kapok menuai kontroversi.

Beberapa hari lalu beredar video yang menunjukkan Zulham bersama rekan setimnya sedang berlatih di pusat kebugaran. Namun tak disangka, menjelang akhir video, dia mengacungkan jari tengah ke kamera.

BACA JUGA: AHHA PS Pati FC Pulangkan Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun dari Pemusatan Latihan di Jakarta

Hal itu pun kembali memicu reaksi warganet. Bahkan, ada yang menyebut pemain berusia 33 tahun itu terkenal karena kontroversinya.

Akhirnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menanggapi peristiwa ini. Dia berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Yunus Nusi pun telah berkomunikasi dengan klub agar memberi sanksi tegas kepada sang pemain.

BACA JUGA: Kena Tendangan Kung Fu Pemain AHHA PS Pati Syaiful Indra Cahya, Pemain Persiraja Ungkap Kondisi Terkini

"PSSI telah komunikasi dengan klub agar memberikan sanksi tegas terhadap pemain seperti itu," ucap Yunus saat dihubungi Tim MPI, Minggu (12/9/2021).

"PSSI berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Apalagi, Liga 1 sudah berjalan dan Liga 2 kini sedang mulai persiapan untuk melakukan kompetisi," lanjutnya.

Selain itu, Yunus Nusi mengatakan bahwa pihak PSSI akan memperketat aturan bagi tim yang ingin mengadakan laga uji coba. Dia tak mau ada lagi tim yang sembarangan memilih perangkat pertandingan, apalagi yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

"PSSI akan menegaskan kembali bagi klub anggota yang mengadakan uji coba atau dengan tajuk latihan bersama diwajibkan untuk menyampaikan surat pemberitahuan atau izin ke PSSI, asprov, dan askot. Agar mendapat rekomendasi serta memberikan wasit yang memimpin laga tersebut," jelas Yunus Nusi.

AHHA PS Pati vs Persiraja Banda Aceh

“Ini karena terkait perangkat pertandingan untuk memimpin pertandingan. Selain itu, juga terkait dengan protokol kesehatan (prokes). Kita tidak ingin ada klaster baru dalam laga uji coba karena melanggar prokes," lanjutnya.

Terkait insiden yang terjadi dalam laga uji coba kontra Persiraja, pihak AHHA PS Pati sendiri memutuskan memulangkan dua pemainnya, Syaiful Indra Cahya dan Zulham Zamrun, dari pusat pelatihan di Jakarta. Untuk Syaiful Indra Cahya sendiri, dia diberi sanksi tersebut karena melakukan tendangan kungfu kepada pemain Persiraja dalam laga uji coba itu juga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini