Jumlah Pemain Sepak Bola dalam Satu Tim dan Aturan Pergantian Pemain

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 51 2468950 jumlah-pemain-sepak-bola-dalam-satu-tim-dan-aturan-pergantian-pemain-nkZ6Z4ol3F.jpg Jumlah pemain sepak bola dalam satu tim dan aturan pergantian pemain bisa dilakukan sesuai kesepakatan federasi atau kedua tim yang bertanding. (Foto/Reuters)

JUMLAH pemain sepak bola dalam satu tim dan aturan pergantian pemain telah diatur agar permainan mudah dikelola. Tim sepak bola dimainkan oleh dua tim, di mana masing-masing tim diperkuat dengan maksimal sebelas pemain.

Setiap tim sepak bola diperkuat oleh penjaga gawang, pemain bertahan, tengah dan depan. Pertandingan tidak boleh dimulai atau dilanjutkan jika salah satu tim memiliki kurang dari tujuh pemain, hal itu mengacu pada Law of the Game dan Rules dari Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Baca juga: 10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasannya

Jika sebuah tim hanya diperkuat kurang dari tujuh pemain karena salah satu pemain dengan sengaja meninggalkan lapangan permainan, wasit tidak wajib menghentikan permainan dan pertandingan dapat dilanjutkan. Akan tetapi, pertandingan tidak boleh dilanjutkan setelah bola keluar jika sebuah tim tidak memiliki jumlah minimal, yakni tujuh pemain.

Jumlah pemain sepak bola

(Bukayo Saka dan Jack Grealish, dua pemain andalan Timnas Inggris)

Aturan lainnya, jika lima pemain dalam satu tim mendapat kartu merah di satu pertandingan, wasit wajib menghentikan permainan. Hanya saja, jika wasit mengusir empat pemain dalam satu, dan tersisa tujuh pemain dalam satu tim, permainan masih bisa dilanjutkan.

Jumlah Pergantian Pemain

Jumlah pemain pengganti, maksimal lima, yang dapat digunakan dalam setiap pertandingan yang dimainkan dalam kompetisi resmi dan telah ditentukan oleh FIFA, konfederasi atau asosiasi sepak bola negara tertentu.

Baca juga: Lama Permainan Sepak Bola Versi IFAB

Aturan kompetisi harus menyatakan berapa banyak pemain pengganti yang bisa dilakukan, dari tiga hingga maksimal dua belas. Kemudian apakah satu pemain pengganti tambahan dapat digunakan saat pertandingan memasuki perpanjangan waktu, hal itu harus disepakati lebih dulu sebelum kompetisi atau pertandingan dimulai.

Dalam semua pertandingan, jumlah pemain pengganti bisa dilakukan asalkan kedua tim yang bertanding mencapai kesepakatan tentang jumlah maksimum, dan wasit diberitahu sebelum pertandingan.

Jika wasit tidak diberitahu, atau jika tidak ada kesepakatan yang dicapai sebelum pertandingan, masing-masing tim diperbolehkan maksimal enam pengganti.

Penggantian Kembali

Penggunaan pergantian pemain kembali hanya diizinkan pada pemain muda, veteran, disabilitas, dan sepak bola amatir, sesuai dengan persetujuan dari asosiasi sepak bola, konfederasi atau FIFA.

Prosedur penggantian

Nama-nama pemain pengganti harus diberikan kepada wasit sebelum pertandingan dimulai. Setiap pemain pengganti yang tidak disebutkan namanya tidak boleh ambil bagian dalam pertandingan.

Jumlah pemain sepak bola

(Paul Pogba dan sang pelatih, Solskjaer)

Untuk mengganti pemain dengan pemain lainnya ada hal-hal berikut yang harus diperhatikan. Wasit harus diberitahu sebelum pergantian pemain dilakukan, pemain yang diganti menerima izin wasit untuk meninggalkan lapangan permainan, kecuali sudah keluar lapangan, dan harus pergi melalui garis luar terdekat, kecuali wasit meminta pemain untuk segera meninggalkan lapangan demmi keselamatan / keamanan atau cedera.

Pemain pengganti hanya masuk dari garis tengah setelah pemain yang diganti pergi dari lapangan dan telah menerima sinyal dari wasit

Pergantian selesai ketika seorang pemain pengganti memasuki lapangan permainan. Sejak saat itu, pemain yang diganti menjadi pemain pengganti, dan pemain pengganti menjadi pemain yang bisa memulai pertandingan.

Semua pemain pengganti dan pemain pengganti tunduk pada otoritas wasit apakah mereka bermain atau tidak.

Pergantian penjaga gawang

Setiap pemain dapat bertukar tempat dengan penjaga gawang jika wasit diberitahu sebelum perubahan dilakukan, dan perubahan dilakukan saat pertandingan terhenti.

Pelanggaran dan sanksi

Jika pemain pengganti yang ditunjuk memulai pertandingan dan bukan pemain yang disebutkan namanya dan wasit tidak diberitahu tentang perubahan ini, maka wasit mengizinkan pemain pengganti yang disebutkan untuk terus bermain, serta tidak ada sanksi terhadap pemain pengganti tersebut, namun wasit akan melaporkan insiden tersebut ke operator pertandingan.

Aturan pergantian pemain

(Kepa dan Edouard Mendy saat bertukar posisi)

Jika pergantian dilakukan selama jeda paruh waktu atau sebelum perpanjangan waktu, prosedur harus diselesaikan sebelum pertandingan dimulai kembali. Jika wasit tidak diberitahu, pengganti yang disebutkan dapat terus bermain, tidak ada tindakan disipliner yang diambil dan masalah tersebut dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini