Kisah Tragis Pemain Liverpool: Dulu Dijuluki Gerd Muller Muda, Kini Kerja Serabutan

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 51 2467263 kisah-tragis-pemain-liverpool-dulu-dijuluki-gerd-muller-muda-kini-kerja-serabutan-yANwLrzXwo.jpg Samed Yesil saat bela Liverpool U-23. (Foto: Daily Star)

SAMED Yesil berstatus pemain Liverpool dalam kurun 2012-2016. Ia diboyong Liverpool dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2012, atau ketika usianya 18 tahun.

Saat itu, Samed Yesil diproyeksikan sebagai pelapis penyerang mematikan Liverpool, Luis Suarez. The Reds -julukan Liverpool– pun menaruh asa kepada Samed Yesil.

Samed Yesil

(Samed Yesil saat membela Timnas Junior Jerman)

Penyerang berpaspor Jerman tapi berdarah Turki ini merupakan salah satu penyerang terbaik dunia di kategori muda. Ia merupakan top skor Piala Eropa U-17 2011 dengan koleksi tiga gol.

Bahkan karena kehebatannya mengoyak jala gawang lawan, membuat Samed Yesil mendapat julukan Gerd Muller muda. Bagi Anda pencinta Timnas Jerman, pasti tak asing dengan sosok Gerd Muller yang merupakan raja gol Bayern Munich dan Timnas Jerman di era 1970-an.

Singkat kata, ia mendapatkan debut bersama Liverpool di babak ketiga Piala Liga Inggris 2012-2013 saat Liverpool menang 2-1 atas West Bromwich Albion (WBA). Dalam laga tersebut, Samed Yesil mentas sebagai starter.

Kemudian di babak selanjutnya, Samed Yesil lagi-lagi bermain. Namun, Liverpool tumbang 1-3 dari Swansea City. Sayangnya, Cuma sampai di situ kiprah Samed Yesil bersama skuad senior Liverpool.

BACA JUGA: 5 Pembelian Terburuk Liverpool, Nomor 1 hingga Dibenci Fans dan Sesama Pemain

Setelah itu, Samed Yesil lebih sering dimainkan di tim cadangan alias Liverpool U-23. Petaka menimpa Samed Yesil pada 2014. Ia mengalami cedera ligamen lutut yang membuatnya tak kunjung pulih dari cedera.

Sempat dipinjamkan ke klub asal Swiss, FC Luzern, pada 2015, Liverpool akhirnya melepas Samed Yesil secara permanen pada musim panas 2016. Saat itu, tak ada klub yang mau mengontrak Samed Yesil. Setelah menganggur enam bulan, akhirnya ada klub Yunani, Panionios, yang mau mengontrak Samed Yesil pada Januari 2017.

Samed Yesil

(Samed Yesil saat bela Liverpool U-23)

Setelah berpindah-pindah klub, Samed Yesil yang kini berusia 27 tahun membela klub kasta kelima Liga Jerman, DJK St. Tonis. Karena bermain di level amatir, waktu Samed Yesil pun lebih fleksibel. Demi mencari pemasukan tambahan, Samed Yesil juga bekerja serabutan.

“Emre Can (temannya di Timnas Jerman U-17) merupakan teman baik saya. Begitu juga Kaan Ayhan yang kini bermain untuk Sassuolo dan Timnas Turki. Ada juga Odysseas Vlachodimos yang mentas Bersama Benfica dan Yunani,” kata Samed Yesil mengutip dari Daily Star, Selasa (7/9/2021).

Bekerja serabutan dilalukan Samid Yesil juga sebagai antisipasi, jika nantinya tak kunjung tampil di level profesional. "Saya perlu mencoba jalan ke kehidupan pasca-sepakbola. Hal ini sebagai jaga-jaga jika saya tak bisa lagi tampil di kompetisi professional,” tutup Samed Yesil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini