Share

5 Rekrutan Terbaik Liverpool Selama Era Jurgen Klopp, Nomor 1 Baru Sembuh dari Cedera

Djanti Virantika, Okezone · Minggu 05 September 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 05 51 2466454 5-rekrutan-terbaik-liverpool-selama-era-jurgen-klopp-nomor-1-baru-sembuh-dari-cedera-MrPSWRgI3O.jpg Sadio Mane dan Mohamed Salah saat membela Liverpool. (Foto: Premier League)

JURGEN Klopp sudah membuktikan kemampuan hebatnya sebagai pelatih sehingga berhasil membentuk Liverpool menjadi tim yang sangat kuat. Kemampuan Liverpool bersaing memperebutkan berbagai gelar juara bergengsi ini tak terlepas dari pemilihan skuad yang kuat oleh Klopp.

Ya, sejak ditapuk melatih Liverpool pada 2015, Klopp sudah mendatangkan sejumlah pemain hebat. Beberapa nama pemain bahkan bisa dibilang menjadi rekrutan terbaik Liverpool selama era Jurgen Klopp.

BACA JUGA: Bertahan di Liverpool, Mohamed Salah Ajukan Gaji Rp9,8 Miliar per Pekan

Berkat pemilihan pemain yang tepat ini, Liverpool pun sudah menggondol banyak gelar jaura bergengsi, di antaranya Liga Inggris, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub. Lalu, siapa saja pemain tersebut? Berikut lima rekrutan terbaik Liverpool selama era Jurgen Klopp.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Dunia yang Bangkrut Setelah Gantung Sepatu, Nomor 1 Eks Barcelona

5. Alisson Becker

Salah satu rekrutan terbaik Liverpool di era Jurgen Klopp ialah Alisson Becker. Kiper asal Brasil ini telah membuktikan ketangguhannya di atas mistar gawang hingga terus membantu Liverpool meraih kemenangan demi kemenangan.

Alisson Becker

Alisson Becker sendiri direkrut The Reds -julukan Liverpool- pada musim panas 2018 dari AS Roma. Liverpool perlu merogoh kocek sebesar 62,50 juta euro untuk mendatangkan Alisson kala itu.

Keputusan Liverpool merekrut Alisson muncul setelah Loris Karius tampil mengecewakan di final Liga Champions 2017-2018. Keputusan Klopp pun nyatanya tepat. Sebab, Alisson berhasil membuktikan diri mampu menjadi penjaga gawang yang sangat baik. Alisson sempurna untuk Liverpool sejak awal.

4. Sadio Mane

Berikutnya, ada nama Sadio Mane. Winger asal Senegal ini juga datang ke Liverpool di era Klopp. Dia dianggap sebagai salah satu pembelian terbaik Liverpool karena mampu menunjukkan ketajamannya di depan gawang dengan mencatatkan banyak gol serta assist untuk Liverpool di setiap musimnya.

Sadio Mane

Mane datang ke Liverpool pada bursa transfer musim panas 2016. Ia direkrut dari Southampton dengan biaya transfer sebesar 41,20 juta euro. Di awal kedatangannya, banyak pihak mempertanyakan keputusan Liverpool untuk merekrut Mane karena biaya mahal yang harus dikeluarkan.

Tetapi, Mane membuktikan bahwa Liverpool tak salah dalam membuat keputusan. Dari 221 laga yang telah dijalani bersama The Reds, dia bisa membukukan 98 gol dan 43assist. Mane pun telah membawa Liverpool meraih berbagai kesuksesan, mulai dari gelar juara Liga Champions hingga Liga Inggris.

3. Andy Robertson

Di urutan ketiga, ada nama Andy Robertson. Liverpool memboyong bek berpaspor Skotlandia ini pada bursa transfer musim panas 2017 dengan membayar mahar sebesar 9 juta euro kepada Hull City. Keputusan Klopp untuk mendatangkannya pun dinilai sangat tepat.

Andy Robertson

Sebab, Robertson mampu bekerja dengan baik dalam menjaga lini pertahanan Liverpool. Tak ayal, dia menjadi salah satu sosok andalan Klopp dalam banyak laga.

Robertson tercatat sudah tampil di 178 laga bersama Liverpool dalam berbagai kompetisi. Sepanjang penampilannya itu, dia telah mencatatkan 5 gol dan 37 assist.

2. Mohamed Salah        

Selanjutnya, ada Mohamed Salah. Nama winger asal Mesir ini tak boleh dilewatkan jika membicarakan soal pembelian terbaik Liverpool di era Klopp.

Mohamed Salah

Salah sendiri direkrut Liverpool pada bursa transfer musim panas 2017 dari AS Roma dengan mahar sebesar 42 juta euro. Pembelian Salah membuat Liverpool memecahkan rekor transfer saat itu.

Meski didatangkan dari AS Roma, Mohamed Salah sudah punya pengalaman bertarung di Liga Inggris. Sebab, sebelum memperkuat Liverpool, dia pernah memperkuat Chelsea. Sayangnya, Jose Mourinho yang kala itu menangani Chelsea tampaknya kurang puas dengan penampilan Salah hingga melepasnya ke AS Roma.

Berbeda dengan di Chelsea, Salah tampil gemilang bersamma Liverpool. Dari 206 penampilannya di berbagai kompetisi, Salah telah berkontribusi mencetak 84 gol dan 36 assist. Salah pun telah memecahkan rekor gol di Liverpool yang sebelumnya dipegang Alan Shearer soal gol terbanyak dalam semusim di Liga Inggris.

1. Virgil van Dijk

Terakhir, ada nama Virgil van Dijk. Bek asal Belanda ini didatangkan Liverpool dari Southampton pada bursa transfer musim dingin 2018 dengan mahar sebesar 84,65 juta euro.

Virgil van Dijk

Sosoknya begitu dielu-elukan di Liverpool karena mampu memberi kontribusi besar di setiap laga yang dilakoni. Tak ada sedikit pun keraguan kepada sosok Van Dijk. Dia sangat kuat, agresif di udara, mampu melakukan tekel dengan bersih, dan yang paling penting dia mampu membaca permainan yang sulit dipercaya.

Atas penampilan apiknya, Van Dijk pun telah memenangkan banyak penghargaan selama setahun terakhir. Ia bahkan nyaris meraih Ballon dOr 2019. Sayangnya, nama Van Dijk hanya bertengger di urutan kedua karena kalah dari penggawa Barcelona, Lionel Messi.

Kini, Van Dijk baru kembali merumput bersama Liverpool setelah absen panjang di musim 2020-2021. Hal itu terjadi karena dirinya didera cedera parah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini