Daftar Pemenang Penghargaan Kompetisi Antarklub Eropa 2020-2021

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 27 Agustus 2021 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 261 2461831 daftar-pemenang-penghargaan-kompetisi-antarklub-eropa-2020-2021-PE9FWTEi18.jpg Jorginho Terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa (Foto: Reuters)

DAFTAR pemenang penghargaan kompetisi antarklub Eropa 2020-2021 didominasi oleh Chelsea yang merupakan juara Liga Champions musim lalu. Hanya penghargaan Bek Terbaik dan Penyerang Terbaik Eropa yang jatuh ke tangan pemain klub lain.

Mari mulai dari Kiper Terbaik Eropa yang jatuh ke tangan pemain Chelsea, Edouard Mendy. Penghargaan itu pantas diterima Mendy yang tampil luar biasa bagi Chelsea pada musim lalu.

Edouard Mendy Kiper Terbaik Eropa (Foto: Reuters)

Meski baru bergabung pada bursa transfer musim panas 2020, Mendy langsung membuktikan kelayakannya untuk menjadi kiper nomor satu Chelsea. Dia pun menggusur Kepa Arrizabalaga ke bangku cadangan.

Mendy mengalahkan Thibaut Courtois (Real Madrid) dan Ederson (Manchester City) dalam penghargaan ini. Kiper Senegal ini tampil mengesankan dengan mengemas sembilan clean sheet alias tanpa kebobolan dari 12 laga yang ia mainkan di Liga Champions musim lalu. Selain itu, Mendy hanya kebobolan tiga kali.

Selanjutnya, penghargaan Bek Terbaik menjadi milik pemain Manchester City, Ruben Dias. Meski baru dibeli pada musim panas 2020, Dias langsung menunjukkan tajinya di bawah asuhan Pelatih Man City, Josep Guardiola.

BACA JUGA: Hasil Playoff Liga Konferensi Eropa 2021-2022: Tottenham Kalahkan Pacos de Ferreira

Dias membantu Man City menjadi Finalis Liga Champions musim lalu. Pemain Portugal tersebut mengalahkan sejumlah nama, seperti Leonardo Bonucci (Juventus), Antonio Rudiger (Chelsea), Thiago Silva (Chelsea), hingga rekan satu timnya, Kyle Walker dan John Stones.

Beralih ke penghargaan Gelandang Terbaik, mesin Chelsea, NGolo Kante, yang menjadi kampiunnya. Kante selalu memberikan yang terbaik untuk Chelsea ketika dipercaya tampil. Duet Kante dengan Jorginho di lini tengah menjadi rahasia kekuatan Chelsea pada musim lalu.

Lalu, talenta muda Borussia Dortmund, Erling Haaland, terpilih sebagai penghargaan Penyerang Terbaik. Bagaimana tidak, dia adalah top skor Liga Champions musim lalu dengan torehan 10 gol.

Jorginho Pemain Terbaik Eropa (Foto: Reuters)

Untuk penghargaan paling bergengsi, yaitu Pemain Terbaik Eropa, pemain Chelsea, Jorginho, terpilih sebagai pemenangnya. Gelandang Italia itu unggul jauh dari Kevin De Bruyne (Manchester City) dan rekan setimnya, Kante.

Jorginho tidak hanya bersinar bersama Chelsea, tetapi dia juga mengantarkan Tim Nasional (Timnas) Italia juara Piala Eropa 2020. Peran Jorginho di lini tengah krusial untuk Chelsea dan Timnas Italia.

Sementara itu, penghargaan Pelatih Terbaik jatuh ke tangan juru taktik Chelsea, Thomas Tuchel. Juru taktik asal Jerman itu secara luar biasa memimpin Chelsea untuk menjuarai Liga Champions musim lalu meski baru bekerja pada pertengahan musim sebagai pengganti Frank Lampard.

Berikut daftar pemenang penghargaan kompetisi antarklub Eropa 2020-2021:

Kiper Terbaik: Edouard Mendy (Chelsea)

Bek Terbaik: Ruben Dias (Manchester City)

Gelandang Terbaik: NGolo Kante (Chelsea)

Penyerang Terbaik: Erling Haaland (Borussia Dortmund)

Pemain Terbaik: Jorginho (Chelsea)

Pelatih Terbaik: Thomas Tuchel (Chelsea)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini