Lionel Messi Gabung PSG, Michael Jordan Ikut Ketiban Untung

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 51 2455872 lionel-messi-gabung-psg-michael-jordan-ikut-ketiban-untung-wKg0vogwoF.jpg Legenda NBA, Michael Jordan, ikut dapat untung dari kepindahan Lionel Messi ke PSG. (Foto: Reuters)

PARIS – Kepindahan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) memberi keuntungan untuk banyak pihak. Selain tentunya PSG itu sendiri, legenda NBA, Michael Jordan, ternyata juga ikut merasakan keutungan dari kepindahan Lionel Messi dari Barcelona tersebut.

Sebagaimana diwartakan Marca, Minggu (15/8/2021), Michael Jordan ikut merasakan keuntungan dari datangnya Messi ke PSG berkat jersey di klub tersebut. Sebab, jersey PSG musim ini akan tetap berlabel Nike Jordan.

Lionel Messi

Produsen pakaian olahraga Nike memang telah bekerja sama dengan Michael Jordan selama beberapa waktu ke belakang. Mereka melakukan sistem bagi hasil untuk setiap produk yang terjual.

BACA JUGA: Termasuk Lionel Messi, 5 Pemain Baru PSG Diperkenalkan di Parc Des Princes

Tercatat, merek Jordan telah menjadi pembuat jersey PSG sejak musim 2019-2020. Dari kerja samanya dengan Nike, Michael Jordan menerima keuntungan lima persen untuk setiap jersey yang terjual.

BACA JUGA: Lionel Messi Datang, Ini 10 Pemain PSG dengan Gaji Tertinggi

Sebelumnya, mantan pemain NBA Chicago Bulls itu sendiri mendapat pukulan telak akibat pandemi Covid-19. Majalah Forbes menunjukkan bahwa Jordan kehilangan sekira 24 persen asetnya selama pandemi.

Akan tetapi, kedatangan Messi ke PSG memungkinkan Jordan untuk bangkit dan mengembalikan sebagian uang yang hilang. Saat ini, kekayaan bersih Jordan turun dari USD2,1 miliar menjadi USD1,6 miliar.

Sejak Messi resmi bergabung dengan PSG, penjualan jersey di tim tersebut pun diketahui langsung laris manis. Bahkan, sekira 2,5 juta jersey ditargetkan terjual pada musim ini.

Hal itu tentunya akan menghasilkan banyak uang bagi sosok Michael Jordan. Sejauh ini, PSG telah mendapat sekira 120 juta euro (Rp2 triliun) sejak jersey Messi mulai dijual.

Jersey Lionel Messi di PSG

Dengan nominal tersebut, Jordan mendapat enam juta euro (Rp101 miliar) dalam satu akhir pekan. Angka itu akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Selain Jordan, pemilik perusahaan Amazon, Jeff Bezos, juga dikabarkan akan turut kecipratan untung dari kedatangan Messi ke PSG. Sebab platform miliknya, Amazon Prime, baru-baru ini memperoleh hak siar untuk Liga Prancis. Platform streaming itu setuju untuk membayar sekira 275 juta euro (Rp4,6 triliun) per tahun untuk menyiarkan lebih dari 300 laga.

Dengan demikian, 36 dari 38 pertandingan Messi bersama PSG dapat dilihat melalui Prime Video. Kesepakatan tersebut berpotensi meningkatkan pelanggan ke platform bikinan Jeff Bezos itu. Dengan atensi besar publik untuk menyaksikan kiprah Messi bersama PSG, bukan tidak mungkin platform Bezos akan kebanjiran penonton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini