FIFA Ingin Hilangkan 2 Bintang di Jersey Timnas Uruguay, AUF Ogah Penuhi

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 51 2451453 fifa-ingin-hilangkan-2-bintang-di-jersey-timnas-uruguay-auf-ogah-penuhi-vTBxZ8tzyH.jpg Luis Suarez mengenakan baju Timnas Uruguay. (Foto: Instagram/@luissuarez9)

FEDERASI Sepakbola Dunia (FIFA) memutuskan untuk menghilangkan dua bintang yang terdapa pada jersey Tim Nasional (Timnas) Uruguay. Sebab bagi FIFA, Uruguay baru dua kali saja meraih menjadi juara Piala Dunia.

Sebagaimana diwarakan ESPN, Kamis (5/8/2021), saat ini, ada empat bintang yang terdapat di jersey Timnas Uruguay. Dua bintang didapat usai La Celeste -julukan Timnas Uruguay- menjuarai Piala Dunia pada 1930 dan juga 1950.

Luis Suarez

Sementara itu, dua bintang lagi dipasang Uruguay di jersey mereka karena merebut medali emas di Olimpiade pada 1924 dan 1928. Pada era tersebut, Olimpiade memang masih dipandang sebagai kejuaraan dunia yang memiliki level yang sama seperti Piala Dunia.

Tak ayal, Uruguay merasa sudah empat kali merebu gelar juara di Piala Dunia. Tetapi, FIFA punya pandangan berbeda. Induk olahraga sepakbola dunia itu hanya mengakui dua gelar juara Piala Dunia untuk Uruguay.

BACA JUGA: Arab Saudi Ajak Italia untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Pandangan FIFA ini ditunjukkan dengan menolak desain jersey terbaru Timnas Uruguay. Dalam desain tersebut, pihak Timnas Uruguay memang kembali menempatkan empat bintang.

BACA JUGA: 5 Aturan Pertandingan Sepakbola yang Segera Diubah FIFA, Ikuti Pakem Futsal?

Tak ayal, FIFA pun memberi tindakan tegas dengan menyurati Federasi Sepakbola Uruguay (AUF). Mereka meminta dua bintang yang tertera pada jersey Timnas Uruguay dihilangkan.

Hal ini dinilai penting dilakukan agar menghilangkan kekeliruan di publik soal jumlah gelar tersebut. Uruguay pun diharapkan bisa segera mencopot dua dari empat bintang di atas lambang tim mereka itu.

Meski telah diminta secara tegas oleh FIFA, pihak AUF ternyata belum mau memenuhinya. Pihak Timnas Uruguay justru merasa terkejut karena FIFA sekarang mempertanyakan warisan sepakbola mereka. Pihak AUF pun menegaskan kembali bahwa empat bintang itu sudah sangat sesuai.

"FIFA selalu mengakui, bahkan secara publik, bahwa Uruguay memiliki empat gelar juara Piala Dunia karena pada 1924 dan 1928 (turnamen sepakbola Olimpiade) diselenggarakan oleh FIFA dan pada 1930, ketika mereka memutuskan untuk melakukan kejuaraan secara independen," ujar Wakil Presiden AUF, Gaston Tealdi, sebagaimana dikutip dari ESPN, Kamis (5/8/2021).

Timnas Uruguay

AUF sedang mempersiapkan dokumen untuk membuktikan validitas bintang-bintang tersebut. Sebab, mereka tak ingin menghilangkan dua bintang iu.

"Ini adalah kesempatan untuk mengatur situasi dan jika ini harus menimbulkan pengakuan tegas, itu akan kami lakukan," tukas Tealdi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini