5 Duo Gelandang Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris, Nomor 1 Punya Man United

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 45 2444198 duo-gelandang-terbaik-dalam-sejarah-liga-inggris-nomor-1-punya-man-united-lyVE77kXvL.jpg Roy Keane dan Paul Scholes (Foto: Irish Mirror)

LIGA Inggris adalah salah satu kompetisi paling kompetitif di dunia. Tak ayal, banyak pemain-pemain hebat bermain di sana untuk membuktikan diri sekaligus mengukir prestasi. Beberapa di antara pemain itu berposisikan sebagai gelandang yang menjadi andalan di klubnya masing-masing.

Klub-klub besar kerap memiliki beberapa gelandang berkualitas nomor satu di lini mereka yang menjadi jaminan kesuksesan tim. Berikut lima duo gelandang terbaik dalam sejarah Liga Inggris, dilansir dari Sportskeeda, Kamis (22/7/2021).

5. Xabi Alonso dan Steven Gerrard (Liverpool)

Steven Gerrard dan Xabi Alonso (Foto: Sportskeeda)

Liverpool pernah memiliki duet gelandang mematikan di lini tengah mereka ketika Xabi Alonso dan Steven Gerrard bermain bersama pada 2005 hingga 2009. Selama lima tahun, Alonso dan Gerrard memimpin lini tengah Liverpool menjadi salah satu yang paling mengerikan di Liga Inggris.

Kekuatan utama dari Alonso dan Gerrard adalah umpan-umpan jarak jauh mereka yang tepat sasaran. Duet Alonso dan Gerrard membantu Liverpool meraih empat trofi yang salah satunya adalah Liga Champions 2004-2005.

Liverpool menjuarai Liga Champions 2004-2005 secara dramatis dengan mengalahkan AC Milan dalam babak adu penalti setelah sebelumnya tertinggal 0-3 lebih dulu. Alonso dan Gerrard sama-sama mencetak gol dalam pertandingan itu.

4. Michael Essien & Frank Lampard (Chelsea)

Frank Lampard dan Michael Essien (Foto: Twitter/@sportingindex)

Chelsea punya duet gelandang tangguh di lini tengah mereka saat Michael Essien dan Frank Lampard bermain bersama. Duet mereka begitu luar biasa saat Essien berada di punca performanya pada 2005-2012.

Essien menjadi gelandang penghancur serangan, sedangkan Lampard bertugas untuk mendobrak pertahanan. Kombinasi Essien dan Lampard membantu Chelsea meraih delapan trofi yang salah satunya adalah Liga Champions 2011-2012. Sekadar informasi, itu merupakan trofi Liga Champions pertama dalam sejarah Chelsea.

3. Kevin De Bruyne dan Fernandinho (Manchester City)

Kevin De Bruyne da Fernandinho (Foto: Premier League)

Kevin De Bruyne dan Fernandinho adalah duet gelandang andalan lini tengah Manchester City sejak 2015 silam. Duet itu terbentuk ketika Man City membeli De Bruyne dari Wolfsburg pada bursa transfer musim panas 2015.

Kreativitas De Bruyne dan kesigapan Fernandinho membendung serangan lawan menjadi kekuatan lini tengah Man City. Duet itu mempersembahkan 11 trofi domestik untuk Man City. Sayangnya, De Bruyne dan Fernandinho belum mampu meraih trofi Liga Champions bersama Man City.

2. Gilberto Silva dan Patrick Vieira (Arsenal)

Gilberto Silva dan Patrick Vieira (Foot: Istimewa)

Gilberto Silva dan Patrick Vieira bermain bersama di lini tengah Arsenal pada 2002-2005. Selama tiga tahun itu, Arsenal punya duet gelandang penghancur serangan luar biasa dalam diri mereka.

Kerja sama dua pemain itu membantu Arsenal menjadi juara Liga Inggris 2003-2004 dengan rekor tidak terkalahkan. Selain itu, Gilberto Silva dan Vieira juga mempersembahkan dua trofi Piala Piala FA untuk Arsenal.

1. Roy Keane dan Paul Scholes (Manchester United)

Roy Keane dan Paul Scholes (Foto: Sportskeeda)

Roy Keane dan Paul Scholes adalah salah satu duet gelandang terbaik dalam sejarah Manchester United. Kombinasi mereka tercipta pertama kali pada 2003 dan bertahan hingga 2005. Kerja sama Keane dan Scholes membuat lini tengah Man United sangat menakutkan pada masanya.

Salah satu prestasi terbaik Keane dan Scholes adalah meraii trofi Liga Champions 1998-1999. Keane dan Scholes tidak bermain di partai puncak dramatis kontra Bayern Munich, tetapi peran mereka krusial untuk membawa Man United ke final. Secara keseluruhan, kombinasi Keane dan Scholes membantu Man United meraih 17 trofi bergengsi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini