Rodrigo De Paul, sang Malaikat Pelindung Lionel Messi di Timnas Argentina

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 51 2442975 rodrigo-de-paul-sang-malaikat-pelindung-lionel-messi-di-timnas-argentina-ykI68zpGPp.jpg Rodrigo de Paul dan Lionel Messi (Foto: Twitter/@rodridepaul)

BUENOS AIRES – Lionel Messi mengantarkan tim nasional (Timnas) Argentina menjuarai Copa America 2021. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari perjuangan Messi berserta rekan-rekan setimnya di Timnas Argentina.

Sebagaimana diketahui, Messi memang seakan-akan mengeluarkan segala potensi terbaiknya saat membela Argentina di ajang ini. Tak hanya gelar tadi, Messi juga mencatatkan namanya sebagai pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, dan penyumbang assist terbanyak.

Peran Messi di sektor kanan Argentina semakin menakutkan tak lepas dari rekannya yang membuat pekerjaannya lebih mudah. Ya, siapa lagi kalau bukan pemain rekrutan anyar Atletico Madrid, Rodrigo Javier de Paul.

Peran de Paul yang selalu ada di belakang Messi pada setiap laga Copa America 2021 seakan memberi kenyamanan bagi La Pulga untuk berkreasi. Kekuatannya dalam menyerang dan bertahan membuat kita tak berlebihan bila menjulukinya “sang pelindung Messi di lini tengah Argentina”.

Rodrigo De Paul

De Paul merupakan pemain yang dominan berposisi di gelandang tengah. Namun, bersama timnas ia kerap dipercaya pelatih Lionel Scaloni sebagai gelandang serang dan terkadang di sayap kiri.

Pemain berusia 27 tahun ini lahir di pemukiman urban bernama Sarandi, Buenos Aires, Argentina. Ia lahir dari ibu bernama Monica De Paul dan memiliki dua saudara kandung, yakni Damian De Paul dan Guido De Paul. Ia telah memiliki kekasih bernama Camilia Homs dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Francesca De Paul.

Baca Juga: Gara-Gara Lionel Messi, Emiliano Martinez Pergi dari Arsenal

Ia mengawali kariernya di dunia sepakbola sejak masih berumur 8 tahun di akademi Racing Club selama 10 tahun (2002–2012). Setelah itu, pada 2013 ia dipromosikan ke level senior dan memberikan penampilan apik di sana.

El Pollo –sebutan Rodrigo De Paul – mencatatkan 70 penampilan di tim senior Racing Club dengan mencetak 7 gol dan 7 assist. Penampilannya yang gemilang membuat tim papan atas Spanyol, Valencia merekrutnya di 2014.

Bersama Valencia, ia hanya dipercaya selama 2 musim dan baru tampil sebanyak 44 kali. Selama itu, ia mampu menyumbang 2 gol dan 4 assist.

Pada 2016 ia pun sempat dipinjam kembali oleh klub lamanya, Racing Club sampai di tahun yang sama dipermanenkan oleh klub Italia, Udinese. Di sini lah ia menemukan penampilan terbaiknya menjadi pemain sepakbola.

Di pertengahan masa kontraknya yang 5 tahun bersama Udinese, El Pollo dipercaya membela Timnas Argentina tepatnya pada 2018. Ia pun mulai perlahan-lahan dipercaya tampil sebagai skuad utama La Albiceleste.

Rodrido De Paul

Penampilannya pun semakin mengalami peningkatan terlihat dari torehan penampilan, gol, dan assist-nya di Udinese yang melesat. Selama lima tahun, ia telah membukukan penampilan sebanyak 184 kali dengan menyumbang 34 gol dan 36 assist.

Sampai puncaknya di 2021, ia menjadi kunci utama lini tengah Argentina di gelaran Copa America 2021. Duetnya bersama Leoandro Paredes, mengantarkan namanya terpilih menjadi salah satu bagian team of the tournament versi CONMEBOL.

Baca Juga: Unik, Kakek 100 Tahun Selalu Catat Gol Lionel Messi di Selembar Kertas

Ia juga menyumbangkan satu gol saat melawan Ekuador di babak perempat final. Hingga ia sempat memberikan satu assist untuk Lionel Messi.

Tentu perjalanan Rodrogo De Paul masih panjang di sepakbola Eropa maupun Amerika. Terbaru, ia akan membuka lembaran baru kariernya bersama Atletico Madrid dengan durasi kontrak lima tahun ke depan. Menarik menunggu aksi El Pollo berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini