Shin Tae-yong Tak Anti Pemain Keturunan dan Naturalisasi, Perkuat Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 51 2430662 shin-tae-yong-tak-anti-pemain-keturunan-dan-naturalisasi-perkuat-timnas-indonesia-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-Xa8zojTGud.jpg Sandy Walsh pemain andalan KV Mechelen yang berharap bisa perkuat Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia sudah mengetahui siapa lawan mereka di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Dalam undian yang dilakukan di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis 24 Juni 2021 siang WIB, skuad Garuda akan menghadapi Taiwan.

Leg I diselengarakan di Indonesia pada 7 September 2021. Kemudian, leg II dilangsungkan di markas Taiwan pada 12 Oktober 2021. Jika menang, Timnas Indonesia akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia

Netizen pun bertanya-tanya, apakah Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan memangil pemain senior plus pemain-pemain keturunan atau naturalisasi di laga kontra Taiwan?

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pemilihan pemain sepenuhnya ada di tangan Shin Tae-yong. Karena itu, siapa pun pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, PSSI memberi dukungan 100 persen.

"Terkait pemilihan pemain tentu menjadi kewenangan pelatih Shin Tae-yong. PSSI mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi hasil maksimal di playoff untuk lolos ke babak kualifikasi dan nantinya dapat meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023," kata Yunus Nusi mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (25/6/2021).

Peluang Shin Tae-yong memanggil pemain keturunan pun sangat besar. Sebab, pelatih asal Korea Selatan ini tidak anti memanggil pemain-pemain keturunan.

BACA JUGA: Sandy Walsh dan 3 Pemain Keturunan Ini Jadi Andalan Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Saat memimpin skuad Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021, Shin Tae-yong memanggil sejumlah pemain keturunan. Mereka ialah Elkan Baggott dan kakak adik Kelana serta Luah Mahessa.

Bahkan, jika pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol pada pengujung 2020 berjalan lancar alias tak diganggu Covid-19, bukan tak mungkin semakin banyak pemain keturunan menghiasi skuad Garuda Nusantara saat itu.

Elkan Baggott

(Kehadiran Elkan Baggott dibutuhkan Timnas Indonesia)

Kemudian ketika Timnas Indonesia mempersiapkan tim jelang turun di tiga sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Shin Tae-yong memanggil Elkan Baggott dan pemain naturalisasi Marc Klok.

Sayangnya, Elkan Baggott berhalangan hadir, sedangkan Marc Klok meninggalkan pemusatan Latihan karena sang istri hendak melahirkan. Meski begitu, di laga-laga Timnas Indonesia selanjutnya, kedua nama di atas siap Kembali diandalkan Timnas Indonesia.

Berhubung wewenang pemanggilan pemain ada di tangan Shin Tae-yong, menarik menanti apa Langkah yang diambil pelatih 50 tahun tersebut. Kabarnya, baru-baru ini Shin Tae-yong meminta salah satu pemain keturunan, Sandy Walsh, untuk gabung Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan Sandy Walsh saat dihubungi akun Instagram @indofootbalhd melalui direct message Instagram.

“Halo bro, apakah benar anda diminta bergabung ke timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong?,” tanya akun Instagram @indofootballhd.

“Hai teman, ya kami sudah berkontak tentang proses saya. Dia bertanya apakah saya ingin bergabung dan saya mengatakan kepadanya bahwa itu akan menjadi perasaan yang luar biasa untuk bergabung dengan Garuda (Timnas) Indonesia,” jawab Sandy Walsh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini