Sandy Walsh dan 3 Pemain Keturunan Ini Jadi Andalan Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 51 2430653 sandywalsh-dan-3-pemain-keturunan-ini-jadi-andalan-timnas-indonesia-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-07olAV4oNa.jpg Sandy Walsh (kiri) saat bela KV Mechelen di Liga Belgia. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia akan turun di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 kontra Taiwan. Leg I diselengarakan di Indonesia pada 7 September 2021. Kemudian, leg II dilangsungkan di markas Taiwan pada 12 Oktober 2021. Jika menang, Timnas Indonesia akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mendukung penuh keputusan apa yang diambil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hal itu termasuk soal pemilihan pemain yang diambil juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia)

“Hasil pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikan Indonesia harus mengikuti playoff dan akan melawan Taiwan. PSSI akan mempersiapkan tim dengan baik untuk menghadapi laga tersebut, apalagi Taiwan tim yang harus diwaspadai," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI, Jumat (25/6/2021).

"Terkait pemilihan pemain tentu menjadi kewenangan pelatih Shin Tae-yong. PSSI mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi hasil maksimal di playoff untuk lolos ke babak kualifikasi dan nantinya dapat meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023," tambah Yunus Nusi.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah Shin Tae-yong mengandalkan pemain senior, plus pemain-pemain keturunan di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023? Peluang itu sangat besar.

Sebab, Shin Tae-yong dipercaya takkan mau berjudi dengan mengandalkan mayoritas pemain muda, layaknya saat turun di sisa laga babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kans Shin Tae-yong memanggil pemain keturunan pun sangat besar.

Ketika memimpin skuad Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021, Shin Tae-yong memanggil sejumlah pemain keturunan. Mereka ialah Elkan Baggott dan kakak adik Kelana serta Luah Mahessa.

BACA JUGA: 4 Pemain Keturunan Ini Dipanggil Timnas Indonesia saat Hadapi Taiwan di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Bahkan, jika pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol pada pengujung 2020 berjalan lancar, bukan tak mungkin semakin banyak pemain keturunan menghiasi skuad Garuda Nusantara saat itu.

Baru-baru, ini salah satu pemain keturunan yang tampil di kasta teratas Liga Belgia Bersama KV Mechelen. Sandy Walsh, mengaku dihubungi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hal itu diungkapkan Sandy Walsh saat dihubungi akun Instagram @indofootbalhd melalui direct message Instagram.

Sandy Walsh

““Halo bro, apakah benar anda diminta bergabung ke timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong?,” tanya akun Instagram @indofootballhd.

“Hai teman, ya kami sudah berkontak tentang proses saya. Dia bertanya apakah saya ingin bergabung dan saya mengatakan kepadanya bahwa itu akan menjadi perasaan yang luar biasa untuk bergabung dengan Garuda (Timnas) Indonesia,” jawab Sandy Walsh.

Selain Sandy Walsh, ada tiga pemain keturunan lain yang gencar dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Mereka ialah Kevin Diks (Aarhus GF), Shayne Pattynama (Viking FK) dan Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles). Menarik menanti pemain-pemain mana saja yang dipanggil Shin Tae-yong untuk melakoni playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini