Pemain Keturunan yang Main di Wolverhampton Buka Peluang Bela Timnas Indonesia, Gantikan Elkan Baggott?

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 20 Juni 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 20 51 2428032 pemain-keturunan-yang-main-di-wolverhampton-buka-peluang-bela-timnas-indonesia-gantikan-elkan-baggott-OQR6o1Vkae.jpg Justin Hubner, bek andalan Wolverhampton U-18 yang juga calon pemain andalan Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@justinhubner5)

PEMAIN keturunan yang kini membela Wolverhampton Wanderers U-18, Justin Hubner, baru-baru ini diwawancarai pesepakbola Indonesia, Yussa Nugraha. Yussa Nugraha yang biasa mengundang pesepakbola keturunan sebagai narasumber di akun YouTube-nya itu bertanya kepada Justin Hubner.

Apakah Justin Hubner tertarik membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia? Bek tengah berusia 185 tahun ini tidak langsung mengiyakan tawaran Yussa Nugraha, tapi pesepakbola 17 tahun ini membuka peluang berseragam Timnas Indonesia suatu hari nanti.

Justin Hubner

(Justin Quincy Hubner, bek andalan Wolverhampton U-18)

"Tentu sangat menyenangkan jika Indonesia mengundang saya. Saya dibesarkan di Belanda. Jadi susah untuk memilih antara dua negara itu (Indonesia atau Belanda) karena saya lahir di Belanda,” kata Justin Hubner dalam wawancara di YouTube Channel Yussa Nugraha.

"Mungkin suatu saat nanti saya bisa bermain di timnas Indonesia atau klub Indonesia,” lanjut pemain yang turun di 22 laga Premier League U-18 bersama Wolverhampton musim ini.

Melihat banyaknya laga yang dijalani, Justin Hubner bisa menjadi The Next Conor Coady, sosok bek tengah yang kini menjadi kapten Wolverhampton Wanderers. Namun, jika membela skuad senior Wolverhampton, peluang Justin Hubner digamit Timnas senior Belanda sangat besar.

BACA JUGA: Top Skor Ajax Amsterdam Noah Gesser Tunggu Undangan Timnas Indonesia, Segera Dipanggil?

Karena itu, mumpung Justin Hubner belum pernah membela Timnas Belanda di segala kelompok umur, PSSI masih berpeluang menaturalisasi bek kelahiran Den Bosch, Belanda tersebut. Selain itu, Justin Hubner dapat dijadikan opsi atau tandem Elkan Baggott di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Elkan Baggott yang berdarah Inggris-Indonesia, menolak panggilan Timnas Indonesia saat turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Uni Emirat Arab medio Juni 2021. Alasan penolakannya karena Elkan Baggott takut ketinggalan mengikuti pemusatan latihan sang klub, Ipswich Town, jika turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott saat bela Timnas Indonesia U-19)

Karena itu, pencinta sepakbola Tanah Air sempat khawatir, apakah Elkan Baggott benar-benar niat membela Timnas Indonesia atau tidak?

Jika Elkan Baggott tetap berkomitmen membela Timnas Indonesia, tentu kabar yang membahagiakan. Sebab, sejumlah pemain keturunan Belanda yang berposisi di area belakang seperti Sandy Walsh, Shayne Pattyname hingga Kevin Diks, kencang dikabarkan segera mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI).

Sejauh ini, PSSI mengaku baru bergerak mendekati pemain keturunan jika mendapat rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. "Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road map dari pelatih Shin Tae-yong,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini