5 Pemain Keturunan yang Bisa Pertajam Lini Depan Timnas Indonesia, Nomor 1 Top Skor Ajax

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 51 2427715 5-pemain-keturunan-yang-bisa-pertajam-lini-depan-timnas-indonesia-nomor-1-top-skor-ajax-3Qvrh8yWI8.jpg Noah Gesser (Foto: Instagram/@noah_gesser)

SEBANYAK lima pemain keturunan ini diprediksi dapat mempertajam lini depan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Skuad Garuda membutuhkan pemain tambahan di lini depan setelah hancur lebur di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Tercatat dari delapan pertandingan, Timnas Indonesia hanya mengemas delapan gol! Jika dirata-rata, koleksi gol skuad Timnas Indonesia tak sampai satu gol per pertandingan.

Karena itu, harapannya dengan dipanggilnya pemain-pemain keturunan di bawah ini, daya dobrak Timnas Indonesia menjadi dahsyat. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain keturunan yang bisa pertajam lini depan Timnas Indonesia:

5. Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles)

Ragnar Oratmangoen (Foto: Twitter/@0ratmangoen)

Ragnar Oratmangoen yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah, baru saja membawa Cambuur SC promosi ke kasta teratas Liga Belanda. Ia pun tampil tajam bersama Cambuur SC dengan koleksi delapan gol dari 22 pertandingan.

Berkat performa apik inilah, Ragnar Oratmangoen diboyong Go Ahead Eagles, klub yang juga promosi ke kasta teratas Liga Belanda pada bursa transfer musim panas 2021. Pemain yang biasa mentas di posisi winger kanan ini pun tertantang untuk membela Timnas Indonesia.

“Ya, aku pernah ditanya orang dan waktu itu aku juga bilang akan senang (bergbung dengan Timnas Indonesia). Seluruh tantangan dan pengalaman yang menyertai sepertinya menyenangkan,” kata Ragnar Oratmangoen, mengutip dari Instagram @indofootballhd.

4. Jim Croque (Vitesse U-18)

Jim Croque (Foto: Twitter/@j.croque9)

Usianya memang baru 16 tahun, namun tenaga Jim Croque dapat diandalkan di jenjang usia yang lebih tinggi. Sebab, di usia 16 tahun, Jim Croque sudah dihadapkan dengan pemain-pemain bertubuh besar di kompetisi junior Belanda.

Melihat performa apiknya bersama Vitesse U-18, hanya masalah waktu bagi Jim Croque untuk naik ke tim senior. Karena itu, sebelum Jim Croque diangkat ke Timnas senior atau kelompok umur Timnas Belanda, ada baiknya PSSI segera bergerak.

3. Ezra Walian (Persib Bandung)

Ezra Walian (Foto: Persib)

Untuk yang satu ini, sebenarnya sudah pernah membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Namun, pada 2018, FIFA melarang Ezra Walian membela Timnas Indonesia karena masalah dokumen.

Untungnya, awal pekan ini PSSI mengonfirmasi Ezra Walian bisa kembali berseragam Timnas Indonesia. Hal itu merupakan kabar membahagiakan, mengingat Ezra Walian sedang tajam-tajamnya. Terbaru, Ezra Walian mengoleksi tiga gol di Piala Menpora 2021, hanya kalah dari top skor Assanur Rijal (4 gol).

2. Jack Brown

Jack Brown (Foto: Twitter/@PSSI)

Sama seperti Jim Croque, Jack Brown merupakan aset bagi Timnas Indonesia. Tanda kehebatan Jack Brown sudah terlihat saat Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Meski tampil tak sebanyak pemain lainnya karena sempat mengalami cedera, pemain berdarah Inggris-Indonesia keluar sebagai top skor Timnas Indonesia U-19 dengan koleksi tiga gol. Jika terus mengembangkan diri, Jack Brown dapat jadi senjata mematikan bagi Timnas Indonesia.

1. Noah Gesser (Ajax Amsterdam U-16)

Noah Gesser (Foto: Instagram/@noah_gesser)

Noah Gesser merupakan top skor akademi Ajax Amsterdam yang terbentang dari U-15 hingga U-23). Penyerang 16 tahun ini tercatat mengemas 11 gol di sepanjang musim 2020-2021.

Lantas, seberapa besar peluang Indonesia mendapatkan jasa Noah Gesser? Noah Gesser memang memprioritaskan Belanda, tapi ia tak menutup kemungkinan memilih Indonesia sebagai tim nasional yang dibela.

“Saya belum debut tapi pernah diundang (seleksi). Setiap tahun pasti ada empat sampai lima kali untuk seleksi. Di situ saya dua sampai tiga kali tidak lolos seleksi. Tapi, saya masuk stand by list. Jika ada pemain yang tidak bisa, saya bisa dipanggil. Tapi saya belum debut,” kata Noah Gesser, Okezone mengutip dari YouTube Yussa Nugraha pada medio Desember 2020.

“Kalau Timnas Indonesia memanggil saya, saya akan mengapresiasinya. Bahkan jika itu terjadi sekarang. Kemungkinan besar saya akan datang saat ini juga,” lanjut Noah Gesser.

“Untuk timnas belanda, semua aktivitas untuk tahun ini sudah dibatalkan. Jadi saya sangat mengapresiasi (jika dipanggil Indonesia), dari situ saya bisa membuat pilihan. Tapi itu (gabung Indonesia) belum menjadi pilihan permanen saya, karena saya masih bisa memilih Belanda,” tutup penyerang yang hampir bergabung bersama Feyenoord Rotterdam tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini