Media Vietnam Ulas 3 Kelemahan Timnas Indonesia, Jadi Petaka?

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 51 2420856 media-vietnam-ulas-3-kelemahan-timnas-indonesia-jadi-petaka-eOXkhPZDXr.jpg Timnas Indonesia di laga kontra Thailand. (Foto: PSSI)

MEDIA asal Vietnam, Bongda, mengulas tiga kelemahan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Hal itu jelang Timnas Vietnam menghadapi Timnas Indonesia di lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin 7 Juni 2021 malam WIB.

Pertama yang mereka bahas adalah lemahnya koordinasi di jantung pertahanan Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand. Di laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengandalkan Arif Satria dan Rizky Ridho sebagai duet bek tengah.

Timnas Indonesia

Sayangnya, keduanya gagal tampil impresif. Arif Satria yang berusia enam tahun lebih tua dari Rizky Ridho gagal memimpin sang junior dengan baik.

“Pasangan Rizky Ridho dan Arif Satria masih terlalu canggung. Beberapa kali koordinasi mereka tidak terlalu bagus dan meninggalkan banyak ruang,” tulis media tersebut.

“Karena itu, Vietnam dapat mengandalkan Nguyen Cong Phuong atau Nguyen Quang Hai untuk mengobrak-abrik pertahanan Timnas Indonesia. Selain itu, umpan-umpan dari Luong Xuan Truong dan kecepatan lari dari Nguyen Tien Linh juga dapat merepotkan Indonesia,” lanjut ulasan tersebut.

BACA JUGA: Jelang Hadapi Vietnam, Shin Tae-yong Kurangi Porsi Latihan Timnas Indonesia

Kelemahan kedua adalah seringnya fullback Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam overlapping. Karena Asnawi sering maju meninggalkan pertahan, winger-winger Vietnam diharapkan dapat memanfaatkan celah tersebut.

“Bek kanan mereka Asnawi Mangkualam bermain sangat mobile, sering ikut menyerang. Celah inilah yang bisa dimanfaatkan,” lanjut Bongda.

Timnas Indonesia

Terakhir adalah buruknya konsentrasi pemain Timnas Indonesia di awal pertandingan. Dalam pandangan Bongda, konsentrasi Evan Dimas dan kawan-kawan kerap buruk di awal pertandingan.

Tak heran, dua gol Thailand vs Timnas Indonesia tercipta di awal babak. Sepakan Narubadin Weerawatnodom tercipta ketika babak pertama baru berjalan lima menit. Begitu juga saat sundulan Adisak Kraisorn masuk ke gawang Indonesia, yang mana terjadi ketika babak kedua baru berjalan lima menit.

Jadi, sanggup menutupi tiga kelemahan di atas, Shin Tae-yong?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini