Jelang Hadapi Vietnam, Shin Tae-yong Kurangi Porsi Latihan Timnas Indonesia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 06 Juni 2021 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 51 2420854 jelang-hadapi-vietnam-shin-tae-yong-kurangi-porsi-latihan-timnas-indonesia-e4UqyN1jeV.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

DUBAI – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, kembali memimpin sesi latihan Evan Dimas dan kawan-kawan di lapangan milik Uni Emirat Arab (UEA) FA, Dubai pada Sabtu 5 Juni 2021 waktu setempat. Latihan pun tak berlangsung lama dan hanya dilakukan sehari sekali.

Tentu porsi latihan itu terlihat jauh lebih sedikit ketimbang saat laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia belum dimulai. Tae-yong pun ternyata sengaja hanya melakukan latihan sehari sekali itu karena untuk menyimpan tenaga para pemainnya.

Menurut pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu, dalam sebuah turnamen seperti Kualifikasi Piala Dunia, stamina adalah hal yang terpenting karena jarak antar laga sangat dekat. Jadi, sebab itulah ia tak mau memaksa para pemainnya latihan terlalu keras.

Baca Juga: Pelatih Vietnam Mata-Matai Laga Indonesia Lawan Thailand, Shin Tae-yong Santai

Timnas Indonesia

“Kemarin dan hari ini saya hanya terapkan satu kali latihan. Itu karena pemain sudah sangat bekerja keras saat melawan Thailand,” ungkap pelatih Shin Tae-yong, mengutip dari laman resmi PSSI, Minggu (6/6/2021).

“Saya katakan lagi, ini turnamen, jadi harus mengumpulkan energi, otomatis porsi latihan turun dan (jauh lebih) sedikit. Setelah mengumpulkan energi (istirahat dari pagi hingga siang) pemain kembali mengeluarkan energi itu saat latihan,” tambahnya.

Meski porsi latihan jauh lebih sedikit, Tae-yong tetap memastikan bahwa semua pemain fokus menjalani sesi tersebut. Beberapa pemain yang sudah bermain saat melawan Thailand diminta Tae-yong untuk mendapatkan porsi latihan yang jauh lebih sedikit.

Sedangkan untuk para pemain Timnas Indonesia yang belum merasakan menit bermain mendapatkan porsi latihan yang sama. Tae-yong merasa hal itu dapat mengimbangi kondisi fisik para pemain yang sudah bermain.

“Untuk pemain yang kemarin masuk di tim inti melawan Thailand, porsinya agak diturunkan. Sementara yang tidak main, tetap latihan, agar tetap bisa mengimbangi, kemampuan serta stamina teman-temannya yang lain,” sambungnya.

Timnas Indonesia

Selanjutnya skuad Garuda akan menghadapi Vietnam di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Senin 7 Juni 2021 malam WIB. Jelang menghadapi tim yang bertengger di peringkat pertama Grup D tersebut, Tae-yong pun sudah menyiapkan segalanya sebaik mungkin.

Salah satu persiapannya adalah dengan mengevaluasi hasil 2-2 yang diraih Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand pada Kamis 3 Juni 2021. Tae-yong akan memperbaiki kekurangan skuad Garuda saat ditahan Thailand 2-2.

“Hari ini tetap kami lebih ke evaluasi, mencari kekurangan yang terjadi di pertandingan lawan Thailand, jadi itu yang akan kita fokuskan untuk laga berikutnya,” tutup pelatih berusia 52 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini