2 Pemain Timnas Indonesia Ini Harus Dijaga Shin Tae-yong, Siapa Dia?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 51 2410287 2-pemain-timnas-indonesia-ini-harus-dijaga-shin-tae-yong-siapa-dia-vcz8vr3FLH.jpg Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat tugas dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Juru taktik asal Korea Selatan itu diharapkan Iwan Bule –sapaan akrab Mochamad Iriawan– dapat menjaga dua pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas (Bhayangkara Solo FC) dan Pratama Arhan (PSIS Semarang).

Dua pemain ini dinilai memiliki keunggulan yang dapat membahayakan pertahanan lawan. Hal itu membuat mereka bisa saja diberi pengawalan ketat bahkan dicederai lawan.

Evan Dimas

(Gelandang andalan Timnas Indonesia, Evan Dimas)

"Yang penting saya udah minta, dua pemain ini adalah dua pemain yang punya keunggulan. Pertama, Evan Dimas sudah jelas, yang kedua Pratama Arhan," kata Mochamad Iriawan.

"Mereka harus dijaga, saya minta jaga jangan dia nanti 'dimakan' oleh lawan. Karena layaknya di Korea, dijaga betul itu pemain unggulannya oleh teman-temannya," lanjut Iriawan.

Ia pun menjelaskan, Evan Dimas sebagai pemain yang berpengalaman memimpin Timnas Indonesia di setiap ajang internasional. Permainannya pun terlihat meyakinkan dan padu dengan pemain lain saat di internal game kemarin.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Resmi Dilepas ke Dubai, Siap Unjuk Gigi?

Sementara untuk Pratama Arhan, Iwan memberikan apresiasi lantaran penampilan apik pemain berusia 19 tahun ini ketika membela Timnas Indonesia U-19 sebelumnya. Pratama Arhan juga tampil konsisten di level klub hingga terpilih menjadi pemain muda terbaik di Piala Menpora 2021.

Selain memberi pesan, Iwan tak henti-hentinya menyampaikan motivasi kepada para penggawa Timnas Indonesia yang berlatih. Bahkan sesekali ia tertangkap membakar semangat dengan nada yang lantang.

Pratama Arhan

(Pratama Arhan, fullback kiri andalan Timnas Indonesia)

"Motivasi mereka harus bermain maksimal, kalau perlu mati di lapangan kamu untuk bangsa Indonesia. Itu untuk membakar semangat mereka," ujar Iwan saat dijumpai Tim MNC Portal Indonesia (MPI).

Timnas Indonesia dijadwalkan akan terbang ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk menjalani sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 17 Mei 2021 dini hari WIB. Di sana mereka akan melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam (7 Juni), dan terakhir UEA (11 Juni).

Namun, sebelumnya Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei lebih dulu.

Meski kesempatan masuk Piala Dunia 2022 sudah sirna, tim besutan Shin Tae-yong ini masih menunjukkan keseriusannya menjalani laga sisa ini. Mereka masih berkesempatan memperbaiki ranking FIFA dan membuka peluang masuk Piala Asia 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini