Tak Akui Israel, Timnas Indonesia Pernah Tolak Main dan Lepas Kesempatan Masuk Piala Dunia

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 51 2410137 tak-akui-israel-timnas-indonesia-pernah-tolak-main-dan-lepas-kesempatan-masuk-piala-dunia-2OtYDsfVYm.jpg Timnas Indonesia saat turun di Olimpiade 1956. (Foto: FIFA.com)

JAKARTATim Nasional (Timnas) Indonesia pernah melepas peluang tampil di Piala Dunia 1958 karena menolak menghadapi Israel. Padahal, saat itu skuad Garuda yang diperkuat Rusli Ramang dan kawan-kawan mempunyai peluang yang sangat besar untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia.

Indonesia menolak menghadapi Israel demi membela Palestina. Hal ini juga sebagai penanda bahwa Indonesia tidak mengaku Israel sebagai sebuah negara.

"Indonesia dulu buang kesempatan lolos ke Piala Dunia 1958, dengan tak mau bertanding vs Israel," cuit Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid melalui akun Twitter @hnurwahid, seperti dikutip pada Jumat (14/5/2021).

Hidayat Nur Wahid

Lantas, bagaimana kiprah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 1958? Saat itu, Timnas Indonesia menyelesaikan babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 1958 zona Asia-Afrika dengan hasil meyakinkan, tepatnya menghadapi China dalam dua pertandingan.

Menghadapi China di Stadion Ikada pada 12 Mei 1957, Timnas Indonesia menang 2-0 via brace (dua gol) yang dibuat Rusli Ramang. Kemudian saat gantian bertandang ke markas China, Timnas Indonesia memang kalah 3-4.

Meski kalah di pertemuan kedua, Timnas Indonesia tetap lolos ke putaran kedua karena unggul agregat 5-4 atas China. Di babak kedua inilah, Timnas Indonesia dipertemukan dengan Israel. Saat itu, Timnas Indonesia tergabung bersama Israel (Asia), Sudan (Afrika) dan Mesir (Afrika).

BACA JUGA: Ini Alasan Shin Tae-yong Banyak Panggil Pemain Muda ke Timnas Indonesia

Karena menolak menghadapi Israel, Timnas Indonesia memilih mundur. Keputusan yang sama juga diambil Mesir.

Alhasil, Israel dan Sudan lolos ke partai puncak Kualifikasi Piala Dunia 1958 zona Asia-Afrika. Namun, pada akhirnya Sudan juga memilih mundur karena Liga Arab memboikot Israel. Alhasil, Israel lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 1958

Lantas, kenapa Timnas Indonesia menghadapi Israel? Bukannya Israel saat ini masuk Federasi Sepakbola Eropa (UEFA)?

Awalnya ketika gabung FIFA pada 1929, Israel masuk zona Asia (AFC) karena secara geografis masuk wilayah Benua Kuning. Namun, sejak 1994, Israel masuk UEFA karena sebagian besar negara Asia memusuhi mereka.

Timnas Indonesia

(Timnas Indonesia saat ini)

Ketika masuk di Asia, Israel cukup sukses. Mereka pernah keluar sebagai kampiun Piala Asia 1964 yang digelar di kandang sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini