Agenda Latihan Timnas Indonesia Dalam Beberapa Hari ke Depan, Apa Saja?

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 02 Mei 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 51 2404305 agenda-latihan-timnas-indonesia-dalam-beberapa-hari-ke-depan-apa-saja-57u9zzcy8J.jpg Suasana latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya. (Foto: PSSI)

JAKARTATim Nasional (Timnas) Indonesia menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta, dari 1-10 Mei sebagai persiapan turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, pun mengungkap agenda latihan yang dijalani Marc Klok dan kawan-kawan beberapa hari ke depan.

Nova Arianto berkata, pada hari pertama yang berlangsung Sabtu, 1 Mei 2021 malam WIB, materi latihan Timnas Indonesia fokus untuk pemulihan kondisi. Hal ini lantaran sebagian besar pemain baru saja mengikuti turnamen Piala Menpora 2021.

Nova Arianto

(Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (Foto: PSSI)

Ia pun meyakinkan masyarakat bahwa para pemain dalam kondisi prima. Perlahan-lahan intensitas latihan akan ditingkatkan.

"Kondisi pemain cukup baik dan prima. Mulai besok serta pekan depan kami akan meningkatkan intensitas tempo latihan," kata Nova Arianto dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (2/5/2021).

Mantan bek Timnas Indonesia ini melanjutkan, jenis program yang diterapkan merupakan arahan langsung pelatih Shin Tae-Yong. Berdasarkan instruksinya, para pemain yang siap secara fisik akan melanjutkan ke program berikutnya yakni taktik dan strategi.

BACA JUGA: Tanpa Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Jelang Kualifikasi Piala Dunia

"Program dari coach Shin Tae-yong yakni empat hari pertama yakni peningkatan fisik, setelah itu taktikal dan strategi. Harapannya saat masuk materi latihan taktikal dan strategi, pemain sudah siap mengikuti," lanjut Nova.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-Yong belum bergabung langsung dengan skuad Timnas Indonesia lantaran baru mendarat di Jakarta hari ini, Minggu (2/5/2021). Setelah itu, ia akan menjalani karantina dan baru bergabung di sesi latihan Timnas Indonesia pada Jumat 7 Mei 2021.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong tiba di Indonesia hari ini)

Di pemusatan latihan hari pertama, terdapat beberapa pemain yang belum bergabung dengan skuad Timnas Indonesia. Terutama pemain-pemain yang bermain di klub luar negeri, seperti Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri dan Yanto Basna.

Pemusatan latihan ini akan digelar selama 10 hari, terhitung mulai 1 hingga 10 Mei 2021. Persiapan ini untuk melakoni tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni , dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021 mendatang.

Selain itu, Timnas Indonesia juga melangsugkan dua laga uji coba pada 25 dan 29 Mei 2021, yakni kontra Oman dan Afghanistan di UEA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini