Guardiola Puji Phil Foden yang Tampil Apik saat Man City Kalahkan Aston Villa

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 45 2398841 guardiola-puji-phil-foden-yang-tampil-apik-saat-man-city-kalahkan-aston-villa-TfHA1gqftj.jpg Phil Foden (Foto: Reuters)

BIRMINGHAM – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, memuji pemain mudanya, Phil Foden, yang tampil apik saat The Citizens –julukan Man City– menang 2-1 atas Aston Villa. Foden membantu Man City meraih poin penuh yang memperbesar peluang Man City untuk menjuarai Liga Inggris 2020-2021.

Guardiola layak bersyukur penampilan Foden makin baik seiring waktu berjalan. Pemain muda Inggris itu bahkan mampu membayar kepercayaan Guardiola yang menjadikannya pemain inti saat Man City bertandang ke Villa Park, Kamis (22/4/2021), dini hari WIB.

Josep Guardiola (Foto: Reuters)

Man City datang ke kandang Villa sebagai unggulan karena merupakan pimpinan klasemen sementara. Akan tetapi, pertandingan ternyata tidak berjalan mudah bagi Man City.

The Citizens bahkan tertinggal dari Villa saat babak pertama baru berjalan beberapa detik karena gol kilat John McGinn. Meski begitu, Foden menyamakan kedudukan untuk Man City dengan golnya pada menit ke-22. Man City bahkan berbalik unggul setelah Rodri mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-40.

BACA JUGA: Hasil Liga Inggris: Tottenham Menang Dramatis, Man City Atasi Aston Villa

Namun, selang empat menit usai gol Rodri, Man City, harus kehilangan John Stones yang menerima kartu merah. Keadaan untungnya tidak memburuk untuk Man City karena Villa pun harus bermain dengan 10 orang akibat kartu merah Matty Cash pada menit ke-57.

BACA JUGA: 10 Pemain Manchester City Susah Payah Kalahkan Aston Villa

Ketika jumlah pemain kedua tim sama, Man City mampu mengontrol permainan seperti sebelum Stones keluar. The Citizens berusaha untuk menambah keunggulan, tetapi tidak ada gol tercipta hingga pertandingan berakhir.

Banyak pemain Man City tampil apik dalam pertandingan kontra Villa. Akan tetapi, secara khusus, Guardiola menyanjung Foden yang makin matang sebagai pesepakbola.

Guardiola pun mengakui Foden sebagai salah satu pemain penting bagi Man City. Total, pemain berumur 20 tahun itu telah membuat 14 gol dan sembilan assist dalam 44 penampilan untuk The Citizens.

Phil Foden dan Bernardo Silva (Foto: Reuters)

“Orang ini (Foden) sedang berkembang. Pengaruhnya dalam permainan kami sangat besar. Dia menjadi pemain yang serius,” kata Guardiola kepada Sky Sports, Kamis (22/4/2021).

“Phil sekarang menjadi pemain yang sangat penting. Pengaruhnya di sepertiga akhir sangat penting,” tuturnya.

Sementara itu, kemenangan atas Villa mengukuhkan posisi Man City di puncak klasemen sementara dengan koleksi 77 poin. Man City unggul 10 poin dari Manchester United di posisi kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini