Tolak Timnas Indonesia, Bolivia Pilih Hadapi Peringkat 57 FIFA

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 16 Maret 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 51 2378649 tolak-timnas-indonesia-bolivia-pilih-hadapi-peringkat-57-fifa-iRJGe52hAm.jpg Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-23. (Foto: PSSI)

SUCRE – Presiden Federasi Sepakbola Bolivia (FBF), Fernando Costa, sempat membuat pernyataan beberapa hari lalu. Ia mengatakan, Tim Nasional (Timnas) Bolivia mendapat tawaran dari PSSI untuk melakoni laga uji coba internasional kontra Timnas Indonesia pada Selasa 30 Maret 2021.

"Kami menerima undangan dari Indonesia dan sedang meninjaunya," kata Presiden FBF Fernando Costa, Okezone mengutip dari Los Tiempos.

Indra Sjafri

(Indra Sjafri menyebut PSSI tidak pernah bersurat dengan Bolivia)

Namun, pernyataan Fernando Costa di atas langsung dibantah Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Mantan pelatih Bali United itu mengatakan, PSSI tidak pernah mengirimkan surat untuk menggelar laga uji coba dengan salah satu negara Amerika Selatan tersebut.

"Tidak ada surat dari kami ke Bolivia soal permintaan untuk bertanding. Coba tanya mereka dari mana asal permintaan itu,” kata Indra Sjafri, Okezone mengutip dari Antara.

Sebelumya pada Jumat 12 Maret 2021, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengatakan Timnas Indonesia sedang melakukan negosiasi dengan sejumlah federasi. Tidak tanggung-tanggung, Timnas Brasil, Argentina U-23 dan Pantai Gading dibidik PSSI. Namun, kabarnya rencana di atas batal.

BACA JUGA: Pakai Jersey Timnas, Cantik Mana Georgina Rodriguez atau Sandra Olga?

Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa lawan Bolivia pada FIFA Matchday akhir bulan ini? Bolivia mencapai kata sepakat dengan negara yang menduduki peringkat 57 FIFA, Ekuador.

Tak heran Ekuador yang dipilih. Sebab, secara jarak Ekuador lebih mudah untuk dijangkau, mengingat kedua negara berada di wilayah yang sama (Amerika Selatan).

Timnas Bolivia

(Timnas Bolivia berjuang lolos ke Piala Dunia 2022)

Sementara jika Timnas Indonesia yang dipilih, Timnas Bolivia harus melewati penerbangan panjang. Tentu, sangat membahayakan di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

“Kami telah menanggapi Asosiasi Sepakbola Ekuador atas undangan yang diberikan kepada kami. Bolivia akan beruji coba dengan Ekuador pada 30 Maret 2021,” kata Fernando Costa mengutip dari Los Tiempos.

Selain itu, ada alasan lain kenapa Ekuador yang dipilih. Jika sanggup memenangkan Ekuador yang secara peringkat FIFA lebih baik ketimbang Bolivia, mereka bisa memperbaiki posisi di ranking FIFA yang saat ini duduk di posisi 79.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini