Marc Klok Senang Lihat Banyak Pemain Muda Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

Ezha Herdanu, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 51 2365070 mark-klok-senang-lihat-banyak-pemain-muda-indonesia-yang-berkarier-di-luar-negeri-4jWdPXecCW.jpg Marc Klok (Foto: Persija Jakarta)

JAKARTA – Gelandang naturalisasi milik Persija Jakarta, Marc Klok, memberikan komentar soal keputusan para pemain muda Indonesia yang mulai berani menjalani karier di luar negeri. Klok pun merasa senang, dan berharap hal tersebut bisa terus berlanjut di masa-masa mendatang.

Sebagaimana diketahui, belakangan memang banyak kabar yang mengatakan sejumlah pemain muda Indonesia untuk berkarier di kompetisi luar negeri. Sejauh ini sudah ada setidaknya tujuh pesepakbola muda Tanah Air yang berani keluar dari zona nyaman dengan berkarier di luar negeri.

Ketujuh pemain tersebut adala Egy Maulana Vikri (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), Amirrudin Bagus Kahfi (Belanda), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Brylian Aldama (Kroasia), Syahrian Abimayu (Australia), dan Elkan Baggot (Inggris).

Amirrudin Bagus Kahfi

Keputusan para pemain muda tersebut memang layak diapresiasi. Terlebih ini bisa menjadi pemicu agar lebih banyak lagi pemain-pemain muda Indonesia untuk berkarier di luar negeri, mengingat sejauh ini para pesepakbola Tanah Air memang kurang berani meninggalkan zona nyaman mereka.

Baca Juga: AFC Gelar Voting 8 Pesepakbola Muda Indonesia yang Miliki Prospek Bagus, Siapa Saja?

Klok pun ikut memberikan apresiasi terhadap keberanian keenam pesepakbola muda Indonesia yang memutuskan berkarier di luar negeri. Terlebih, Klok menilai bahwa memang sudah selayaknya para pemain muda mencari berpengalaman banyak dengan berkarier di tim-tim luar Indonesia.

Pemain berusia 27 tahun tersebut pun mengaku sangat berharap bahwa kebiasaan seperti itu di masa-masa mendatang. Pasalnya Klok pun meyakini hal tersebut bisa membuat masa depan pesepakbolaan Indonesia bakal cerah.

“Saya sangat senang, dan saya berharap ini akan berlanjut di masa mendatang. Sebagai talenta muda, Anda perlu memiliki permainan dan untuk dapat memiliki kesempatan di kompetisi Eropa, atau bahkan negara-negara Asia yang lebih baik atau level yang lebih tinggi,” jelas Klok, seperti dilansir dari laman resmi AFC, Jumat (19/2/2021).

“Sebab itu akan menjadi sebuah keuntungan untuk dimiliki bagi mereka. Mereka akan melihat struktur, profesionalisme yang akan mereka lihat, cara bermain dan profesionalisme yang berbeda, bagaimana hidup sebagai seorang atlet,” sambungnya.

Marc Klok

“Mereka tidak akan memiliki pengalaman itu jika mereka menghabiskan seluruh karier profesional mereka di Indonesia. Saya merasa benar-benar sangat senang mereka mengalami hal ini saat ini.”

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru, Indonesia Tempati Peringkat 173 Dunia

“Pasalnya saya pikir itu akan meningkatkan masa depan mereka, dan saya berharap lebih banyak lagi yang mengikuti karena pada akhirnya akan menguntungkan Indonesia,” tuntas mantan pemain PSM Makassar tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini