Pemain Muslim Liverpool Salat Sebelum Bertanding, Klopp: Kami Saling Memahami

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 45 2350304 pemain-muslim-liverpool-salat-sebelum-bertanding-klopp-kami-saling-memahami-0iEw797SQz.jpg Mo Salah dan Mane, pemain muslim milik Liverpool. (Foto: Laman resmi Liverpool)

LIVERPOOL – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pernah mengungkap kebiasaan para pemain muslimnya sebelum bertanding. Juru taktik berpaspor Jerman itu mengatakan, pemain-pemain musim Liverpool seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Xherdan Shaqiri dan Naby Keita selalu menunaikan salat sebelum melakoni pertandingan.

Karena itulah, skuad Liverpool selalu datang ke ruang ganti pemain dua menit lebih awal. Hal itu dimaksudkan supaya pemain-pemain muslim Liverpool memiliki waktu untuk beribadah lebih dulu.

Mohamed Salah

(Mo Salah saat melakukan sujud. Foto: REUTERS)

“Mo Salah seorang Muslim dan perlu menjalankan ibadah seperti kebanyakan umat Islam lakukan sebelum bertanding. Kami semua datang satu menit atau dua menit lebih awal ke ruang ganti pakaian di Stadion Anfield," kata Klopp saat diwawancara Channel 4.

"Kami datang lebih awal untuk mempersiapkan diri sebelum pertandingan. Juga Sadio Mane dan pemain muslim Liverpool lain melakukannya,” lanjut Klopp.

Para pemain Liverpool pun tidak keberatan untuk datang ke ruang ganti lebih awal demi memberi waktu kepada Mohamed Salah dan kawan-kawan. Klopp menilai, pemain-pemain non-muslim Liverpool sudah memahaminya.

BACA JUGA: 5 Pemain yang Tampil Bagus dan Buruk di Laga Man United vs Liverpool

“Tidak ada satupun pemain yang bertanya kenapa kami harus datang lebih awal dan harus menunggu. Itu sudah jadi hal biasa dalam skuad, kami coba saling memahami satu sama lain," kata pelatih yang sudah memberikan empat trofi bagi Liverpool tersebut.

Semenjak kehadiran Mohamed Salah (2017), Sadio Mane (2016), Xherdan Shaqiri (2018) dan Naby Keita (2018) prestasi Liverpool meningkat. Tercatat Liverpool memenangkan trofi Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa (2019), Piala Dunia Klub (2019) dan Liga Inggris (2019-2020).

Sadio Mane

(Sadio Mane dikenal sebagai penganut Islam yang taat)

Untuk musim ini, Liverpool yang sempat dominan di awal mengalami penurunan performa dalam lima laga terkini. Dalam lima laga terkini Liga Inggris 2020-2021, Liverpool gagal menang yang mana hanya mendapatkan tiga imbang dan dua kalah.

Akibatnya Liverpool saat ini tertahan di posisi empat klasemen Liga Inggris 2020-2021 dengan koleksi 34 angka. Liverpool tertinggal enam poin dari Manchester United di puncak klasemen.

Karena itu, Liverpool wajib bangkit. Pada Jumat 29 Januari 2021 dini hari WIB, Liverpool akan bertandang ke markas Tottenham Hotspur di lanjutan pekan ke-20 Liga Inggris 2020-2021. Dipercaya, kemenangan atas Tottenham akan mengembalikan ambisi Liverpool untuk memenangkan trofi Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini