Profil Asnawi Mangkualam, Pemain Indonesia yang Baru Gabung ke Klub Korea

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 51 2349319 profil-asnawi-mangkualam-pemain-indonesia-yang-baru-gabung-ke-klub-korea-FgMuwcRhtC.jpg Asnawi Mangkualam. (Foto: Instagram/asnawi_bhr)

SEOUL – Indonesia patut berbangga karena ada salah satu pemain mudanya yang dapat bermain di luar Tanah Air. Pemain yang dimaksud adalah Asnawi Mangkualam. Pemain berusia 21 tahun itu tepatnya dikabarkan bermain di klub bernam Ansan Greeners.

Ansan Greeners sendiri adalah klub asal Korea Selatan (Korsel) yang tampil di divisi kedua Liga Korea Selatan (K-League 2). Meski Asnawi bergabung dengan tim kasta kedua di kompetisi sepakbola Korsel, namun hal tersebut tetaplah patut diapresiasi.

Tentunya tak mengagetkan bila Asnawi bisa bergabung dan bermain di Korsel. Sebab dari segi kemampuan pun, pesepakbola kelahiran Makasaar itu memanglah sangat hebat. Ia adalah bagian terpenting dalam skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia di level junior.

Baca Juga: Gabung Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bakal Setim dengan Anak Shin Tae-yong

Asnawi Mangkualam

Nama Asnawi pun pertama kali terdengar ketika ia tergabung ke dalam Timnas Indonesia U-16 yang tampil di ajang Piala AFF U-16 pada 2013 silam. Pada saat itu Asnawi mendapatkan sorotan yang sangat banyak karena ia menjadi satu-satunya pemain yang berasal dari Indonesia Timur.

Keputusan pelatih Timnas Indonesia U-16 pada saat itu, yakni Sutan Harhara yang hanya memanggil Asnawi sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia Timur membuat ia pun diperhatikan oleh banyak orang.

Setelah bermain di Piala AFF U-16 2013, Asnawi pernah juga membantu kampung halamannya, Sulawesi Selatan, finis sebagai runner-up di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2016 silam. Penampilan Asnawi yang semakin menanjak akhirnya membuat Persiba Balikpapan tertarik merekrutnya di tahun tersebut.

Bahkan Asnawi sempat mencetak sejarah di persepakbolaan Tanah Air lantaran menjadi pencetak gol termua dalam sejarah sepakbola Indonesia. Tepatnya Asnawi berhasil mencetak gol di laga Persiba vs Bali United ketika umurnya menginjak 17 tahun 5 hari.

Pada 2017, Asnawi mencoba peruntungan bersama PSM Makassar. Karier Asnawi lantas semakin menanjak dan ia pun terpilih oleh pelatih Luis Milla untuk membela Timnas Indonesia. Asnawi pada saat itu berhasil bermain di beberapa laga persahabatan.

Asnawi juga sempat bermain membela Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019 silam. Dengan berbagai bekal yang luar biasa itulah pada akhirnya Asnawi pun berhasil mendapatkan kesempatan bermain di kompetisie sepakbola Korsel.

Asnawi Mangkualam

Walau memang ada andil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam setujunya Ansan Greeners untuk merekrut Asnawi, namun tentunya Coach Tae-yong tidak akan merekomendasikan tanpa ada keyakinan bahwa pemain kelahiran 4 Oktober 1999 itu bisa bersinar di luar.

Jadi, begitulah kurang lebih profil singkat dari Asnawi. Tentunya para pencinta persepakbolaan Tanah Air berharap Asnawi dapat sukses bermain di Korsel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini